Penulis
Intisari-Online.com - Hubungan antara Amerika Serikat dan China kembali memanas.
Hal ini dipicu setelah Amerika Serikat menuduh China memulai latihan berbahaya di Laut China Selatan.
Ini karena China melakukan latihan militer di Teluk Tokyo dan Semenanjung Lizhao pekan lalu.
Melansir laman berita Russia Today, Minggu 31 Januari 2021, sebuah pernyataan muncul tak lama setelah kelompol lobi pro NATO mengeluarkan proposal yang ditulis secara anonym berisi scenario konflik jangka panjang melawan Beijing.
Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (PACOM) mengumumkan pada Jumat (29/1/2021) malam, penerbangan militer China selama seminggu terakhir tidak menimbulkan ancaman apa pun bagi kapal, pelaut, atau pesawat Angkatan Laut AS.
Seorang pejabat yang berbicara tanpa menyebut nama mengatakan pesawat tempur China tidak pernah terbang mendekat dalam jarak 250 mil laut (463 km) dari kelompok kapal induk USS Theodore Roosevelt, di Laut China Selatan.
Tidak jelas apakah pernyataan itu merujuk pada penerbangan akhir pekan lalu dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat di dekat Taiwan, atau gerakan militer apa pun.
Pulau Taiwan yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri, tetapi telah diperintah para nasionalis yang kalah yang melarikan diri dari daratan pada revolusi 1949.
Komando Asia Pasifik Sebut Perilaku Beijing Agresif
Di sisi lain, PACOM menggambarkan aktivitas militer China sebagai bagian "pola perilaku agresif dan destabilisator".
Sebaliknya, Beijing menuduh kehadiran kapal AS di Laut China Selatan "tidak kondusif bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu. ”
Pada Kamis (28/1/2021), salah satu lembaga think tank terkemuka AS, Atlantic Council, menerbitkan sebuah makalah yang panjang, yang secara tidak biasa merahasiakan identitas penulisnya.
Proposal itu menganjurkan pendekatan Perang Dingin 2.0 ke China oleh AS.
Tujuan akhir melestarikan hegemoni global Washington dan "perubahan rezim" di Beijing.
Makalah ini pada dasarnya adalah pengulangan Telegram Panjang 1946 karya George Kennan, yang menguraikan strategi "penahanan" Uni Soviet yang akan diadopsi AS dalam apa yang akan menjadi Perang Dingin asli tahun depan.
'Telegram yang Lebih Panjang' ini mendesak AS untuk melakukan hal yang sama terkait China sehingga pada 2050, AS dan sekutunya “terus mendominasi perimbangan kekuatan regional dan global”.
Di saat bersamaan mereka berusaha mencegah China mengambil alih Taiwan, atau bentuk lain aksi militer untuk mencapai tujuan regionalnya.
Mereka juga berharap melihat Presiden Xi Jinping “digantikan kepemimpinan partai yang lebih moderat”, dan mendorong rakyat Tiongkok “mempertanyakan dan menantang proposisi Partai Komunis selama seabad bahwa peradaban kuno Tiongkok selamanya ditakdirkan menuju masa depan otoriter.
Dokumen tersebut merupakan eskalasi dalam nada dan niat atas pernyataan garis keras oleh beberapa pejabat tinggi pemerintahan Presiden Trump, mulai Jaksa Agung Bill Barr hingga Menteri Luar Negeri Mike Pompeo - selama setahun terakhir.
Presiden Biden Bertekad Melawan Otoritarianisme
Baru-baru ini, pemerintahan Biden yang dilantik dengan cepat menyatakan komitmennya yang "kokoh" kepada Taiwan, sementara Biden sebelumnya mengatakan ia bertujuan untuk "memulihkan" kepemimpinan "demokrasi" AS di dunia melawan "otoriterisme".
Tom Fowdy, kolumnis Inggris menulis di Russia Today, Joe Biden mungkin ingin memikirkan kembali strategi jangka panjangnya untuk wilayah tersebut.
Hal ini dilihat dari respon sekutu Amerika di Asia yang tidak mau mengecewakan China.
Latihan militer di Teluk Tonkin dan Semenanjung Lizhaou menurut Fowdy menandai putaran ketegangan pemerintahan Trump ke Joe Biden.
Mike Pompeo telah menyatakan AS tidak mengakui batas laut "sembilan garis putus-putus" yang telah lama diklaim China.
Terbaru, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menelepon mitranya di Filipina dan menyatakan Amerika Serikat bersama sekutunya di Asia Tenggara melawan China.
Tidak ada harapan ketegangan di Laut Cina Selatan akan diselesaikan setelah pergantian pemerintahan Washington, bahkan jika retorika Blinken dan Biden tidak akan sekuat dan tidak stabil seperti Pompeo.
Beijing akan terus menetapkan garis merah yang tegas dan meningkatkan kehadirannya di Laut China Selatan.
Namun, kesalahan yang dibuat AS adalah mengasumsikan sekutu resminya, seperti Filipina, tertarik melakukan konfrontasi dengan China.
Sebaliknya, mereka mencari hubungan persahabatan dengan Beijing, yang telah menunjukkan kemampuan cerdik untuk mengubah keseimbangan kekuasaan dan kompromi pada saat yang bersamaan.
Meskipun klaim China atas kendali Laut China Selatan di bawah 'sembilan garis putus-putus' telah digambarkan media arus utama sebagai tindakan agresi atau ekspansionisme, klaim itu mendahului keberadaan negara
Republik Rakyat China, melanjutkan kebijakan pendahulunya, Republik China, yang sekarang menjadi Taiwan.
Tapi ini bukan argumen historis yang penting tentang pentingnya strategis perairan ini.
Wilayah yang disengketakan ini mengandung cadangan minyak yang sangat besar, dan juga merupakan salah satu rute pengiriman tersibuk di dunia.
Militerisasi wilayah sekitarnya oleh AS di bawah Obama meningkatkan ketegangan di Laut Cina Selatan antara Washington dan Beijing.
China telah mengkonsolidasikan kehadiran militernya di wilayah tersebut dengan membangun pulau-pulau buatan dan memperluas jangkauan angkatan udaranya.
AS berpendapat klaim maritim China adalah ilegal dan bertentangan dengan Hukum Laut PBB, dan telah menegaskan posisi yang dikenal sebagai "kebebasan navigasi".
Beijing dianggap tidak memiliki hak menggunakan kedaulatan kendali atas perairan yang luas, terlepas dari siapa yang memiliki pulau yang disengketakan, yang dikenal sebagai Kepulauan Spratly, di wilayah ini.
Tapi ini bukan hanya perselisihan Washington-Beijing. Ada sejumlah negara di kawasan itu memiliki klaim tumpang tindih, termasuk Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.
Namun, karena keseimbangan kekuatan Beijing terlalu besar, negara-negara ini hampir tidak dapat mengubah kenyataan.
Negara-negara Asia Tenggara ingin menghindari memprovokasi Beijing, dan Tom Fowdy mengatakan bahwa China pada gilirannya merespons dengan cara diplomatik.
(*)