Find Us On Social Media :

TNI AL Kirim 2 Dua Kapal Perang Berangkat ke Luar Negeri, Apa Misi yang Diemban dan Seperti Apa Spesifikasi Kapal Perang yang Dibeli dari Inggris Ini?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 31 Januari 2021 | 12:24 WIB

KRI Bung Tomo-357

Intisari-Online.com - Pada hari Jumat, 29 Januari 2021, dua kapal angkatan laut Indonesia, KRI Bung Tomo-357 dan KRI John Lie-358, mengikuti upacara pemberangkatan yang diadakan di terminal JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

KRI Bung Tomo-357 akan mengikuti AMAN 21 multinational exercise di Pakistan, dan KRI John Lie-358 akan melakukan pelayaran muhibah atau kunjungan pelabuhan ke Brunei Darussalam.

Seperti apa KRI Bung Tomo ini? Mari mengenalnya lebih dekat.

KRI Bung Tomo-357 merupakan kapal perang yang dibeli dari Inggris oleh TNI Angkatan Laut pada tahun 2013 lalu. Penamaan Bung Tomo baru dilakukan pada 4 Desember 2014 bersamaan dengan KRI Usman Harun.

Baca Juga: Sok-sokan Pinjamkan Uang demi Jadi Negara Adidaya, Kini China Kena Batunya, Uang Tak Kembali hingga Buat Rakyat China Jadi Korban Gegara Ulah Pemerintahannya Sendiri

Nama Bung Tomo yang dijadikan sebagai nama kapal yang bermarkas di Pangkalan Armada Timur, Tanjung Perak, Surabaya, itu didasari karena kegigihan Bung Tomo.

Bung Tomo yang lahir di Surabaya ini terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

KRI Bung Tomo memiliki panjang 95 meter, lebar 12,7 meter, dengan berat 2.300 ton.

Dengan kemampuan mesin 4 x MAN 20 RK270 diesel, kapal ini memiliki kecepatan 30 knot.

Baca Juga: Arab Saudi Terancam Kehilangan Posisinya Sebagai Sahabat Karib AS di Timur Tengah, Negara yang Baru Berdamai dengannya Awal Tahun Ini Calon Penggantinya