Find Us On Social Media :

Project Habakkuk, Proyek Rahasia Sekutu untuk Bangun Kapal Induk dari Es demi Hadapi Keganasan U-boat Jerman di Atlantik

By Tatik Ariyani, Minggu, 31 Januari 2021 | 14:17 WIB

Konsep Proyek Habakuk.

Intisari-Online.com - Saat-saat putus asa membutuhkan tindakan putus asa, seperti itulah yang terjadi pada Perang Dunia Kedua.

Saat itu, sekutu kehabisan sumber daya penting yang dibutuhkan untuk membangun peralatan militer dan angkatan laut. Salah satunya adalah baja.

Di Atlantik Utara, armada Inggris menggempur U-boat Jerman.

U-boat Jerman mencegat dan menenggelamkan kapal-kapal pemasok Sekutu dalam perjalanan mereka melintasi lautan.

Baca Juga: Laut China Selatan Bergejolak, Tak Lama Inggris Datang Kini Giliran Jerman Kerahkan Kapal Perang sambangi China, Ternyata Negeri Panda Dicurigai Lakukan Hal Ini

Pesawat sebenarnya dapat melindungi kapal-kapal, tetapi mereka tidak dapat ditempatkan di tengah laut tanpa kapal induk.

Kapal induk sangat besar dan membutuhkan baja dalam jumlah besar untuk diproduksi, namun mereka kekurangan pasokan.

Yang dibutuhkan adalah cara pesawat untuk mendarat dan mengisi bahan bakar tanpa membebani sumber daya yang sudah terkuras secara berlebihan.

Melansir Amusing Planet, seorang ilmuwan Inggris bernama Geoffrey Pyke, yang bekerja di Markas Besar Operasi Gabungan sebagai penasihat Kepala, Lord Mountbatten, kemudian mengusulkan ide yang fantastis: membuat kapal induk dari es.

Baca Juga: Militer AS Memang Terkuat di Bumi, Tetapi Pakar Sebut China Bisa dengan Mudah Kalahkan AS di Luar Angkasa, Kok Bisa?