Find Us On Social Media :

Setelah Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ182, Media Asing Malah Sebut Indonesia Jadi Tempat Terburuk untuk Lakukan Penerbangan, Apa Sebabnya?

By Maymunah Nasution, Senin, 11 Januari 2021 | 11:44 WIB

Data penerbangan Pesawat Sriwijaya Air SJ182 versi FlightRadar24.

Intisari-online.com - Kecelakaan pesawat terbang Sriwijaya Air SJ182 juga disorot oleh berbagai media asing.

Salah satunya adalah The Indian Express, media India, yang mengutarakan buruknya catatan keamanan aviasi Indonesia.

Mereka menyebut kecelakaan pesawat Boeing 737-500 dari maskapai Sriwijaya Air SJ182 itu sebagai bukti lain keburukan keamanan aviasi Indonesia.

Indonesia memang pernah mengalami beberapa insiden kurang mengenakkan yang berkaitan dengan isu keamanan di masa lalu.

Baca Juga: Media Vietnam Ini Ungkap Dua Alasan Utama Ini Kemungkinan Besar Jadi 'Biang Kerok' Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Masalah-masalah muncul termasuk perawatan dan latihan pilot kurang memadai, komunikasi atau kegagalan mekanis serta masalah stasiun kontrol.

The Indian Express mengatakan Indonesia merupakan negara terburuk di Asia untuk mengambil moda transportasi penerbangan.

Data dari Aviation Safety Network tunjukkan sudah ada 104 kecelakaan dan 2.353 kefatalan yang berkaitan dengan buruknya keamanan aviasi Indonesia.

Memang penyebab jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 ke Laut Jawa masih belum diketahui sampai black box ditemukan dan diteliti.

Baca Juga: Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, Maskapai Penerbangan Itu Rupanya Sudah Lama Tidak Lagi Rawat Pesawat di Bengkel Garuda dan Pilih Kerjasama dengan Perusahaan Non Pelat Merah, Ini Sebabnya