Find Us On Social Media :

Jika Anda Punya Penyakit Bawaan Apakah Anda Layak Mendapatkan Vaksinasi Covid-19? Berikut Rekomendasi Lengkap Perhimpunan Dokter Penyakit Dalam Indonesia, Simak Selengkapnya

By Maymunah Nasution, Senin, 4 Januari 2021 | 08:14 WIB

Ilustrasi vaksin Covid-19.

Intisari-online.com - Indonesia tengah hendak laksanakan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini nanti akan dilakukan dengan vaksin CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac, vaksin ini sendiri sudah didatangkan ke Indonesia secara bertahap mulai awal Desember 2020 lalu. Utamanya, vaksinasi dilaksanakan pada para individu sehat, artinya para pasien Covid-19 tidak akan mendapat vaksinasi Sinovac. Namun bagaimana vaksinasi untuk para pasien dengan penyakit penyerta atau komorbid?

Baca Juga: Pantas Penyebarannya Semakin Menjadi-jadi, Ternyata Ada Varian Virus Corona Baru, Tapi Ini Pesan Para Ahli: Tidak Perlu Panik Tentunya hal itu harus dijadikan pertimbangan, dengan memperhatikan penyakit penyerta sebagai faktor lain dalam pemberian vaksinasi. Itulah sebabnya, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) merilis mengenai rekomendasi pemberian vaksinasi Covid-19 (Sinovac/Inactivated) pada pasien dengan penyakit penyerta. Intisari Online mendapatkan izin untuk mempublikasikan rekomendasi ini dari Dokter Stevent Sumantri, DAA, SpPD, K-AI, seorang internis konsultan alergi imunologi klinik, staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan. Perlu dicatat, rekomendasi ini disusun berdasarkan 1) data publikasi fase I/II tentang Sinovac, 2) data uji fase III di Bandung berupa proposal dan catatan perilaku lapangan yang terlibat dalam uji klinis, dan 3) data uji vaksin inactivated lainnya yang sudah lengkap seperti vaksin influenza, yang dibandingkan dengan data vaksin inactivated Covid-19 (Sinovac) yang belum lengkap.

Baca Juga: Didatangkan oleh Indonesia Dari China, Inilah Fakta Soal Vaksin Sinovac Buatan China yang Diungkapkan Langsung Oleh Pengembangnya, Apa Katanya?