Find Us On Social Media :

Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran, Kapal Selam Israel Lewati Kawasan Sensitif Ini Membuat Iran 'Naik Darah', Siap Perang?

By Khaerunisa, Rabu, 30 Desember 2020 | 14:05 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran.

Intisari-Online.com - Ketegangan antara kedua negara ini kian meningkat belakangan ini, seperti apa perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran?

Meningkatnya ketegangan Israel dan Iran sendiri ditandai keluarnya AS dari Kesepakatan Nuklir Iran (2015) pada 2018, yang mana sejak saat itu Iran secara bertahap meningkatkan pengayaan uraniumnya.

Seperti diketahui Israel merupakan penentang program nuklir Iran yang dianggap bakal mengancamnya, meski Iran terus mengakui program tersebut sebagai program nuklir damai.

Kemudian berbagai peristiwa semakin memperparah konflik dua negara yang dulu sempat menjalin hubungan baik tersebut.

Baca Juga: Selain Punya Militer Paling Lemah di Dunia, Ini Fakta-fakta Republik Afrika Tengah, Ternyata 'Negara Paling Lapar'!

Termasuk peristiwa pembunuhan ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh, pada akhir November lalu, dan Iran menuduh Israel sebagai pihak yang bertanggungjawab.

Di awal tahun 2020, Iran juga telah kehilangan tokoh pentingnya, yaitu jenderal top Qassem Soleimani setelah dibunuh AS, sekutu dekat Israel.

Meski Israel tak mengakui pembunuhan ilmuwan Iran, namun Negeri Yahudi tampak tetap waspada.

Bahkan, baru-baru ini kapal selam Israel dilaporkan bergerak melintasi Terusan Suez yang juga menuju Teluk, sebuah tindakan yang membuat Teheran 'naik darah'.