Find Us On Social Media :

Meski Timor Leste Justru dianggap Negara Asia Tenggara Paling Berhasil Atasi Covid-19, dengan Statistik yang Mengaggumkan, Situasinya Justru Mengkawatirkan, Mengapa?

By Afif Khoirul M, Rabu, 30 Desember 2020 | 13:13 WIB

Ilustrasi - Covid-19 di Timor Leste.

Intisari-online.com - Penyebaran Covid-19 memang telah membuat banyak negara di dunia kalang kabut.

Namun, banyak pula negara-negara yang berhasil mengatasinya meski dengan sumber daya pas-pasan.

Salah satunya adalah Timor Leste, negara ini mampu mengendalikan Covid-19 bahkan selama 1 tahun dengan statistik yang dibilang sangat baik di Asia Tenggara.

Menurut Al Jazeera, Senin (28/12/20), Timor Leste awalnya dikenal sebagai negara dengan sistem kesehatan yang sangat buruk.

Baca Juga: Negaranya Lebih Miskin Dari Indonesia, Timor Leste Malah Diklaim Berhasil Menangani Covid-19 Lebih Baik Daripada Indonesia, Apa Rahasianya?

Selain itu, Timor Leste juga merupakan negara termiskin di dunia, dan mereka juga bergulat dengan Covid-19 sama halnya seperti Indonesia.

Namun, meski memiliki keterbatasan kondisi ekonomi dan sarana kesehatan yang buruk negara ini bahkan berhasil mengatasi Covid-19.

Bahkan para ahli memuji tindakan yang dilakukan Timor Leste dalam menekan penyebaran Covid-19.

Alhasil mereka memiliki jumlah wabah terkecil kedua di Asia Tenggara setelah Laos menurut Universitas John Hopkins.

Baca Juga: Dari Teluk Tibar Hingga Jalan Raya Suai, Jejak-jejak Cengkeraman Tiongkok di Bumi Lorosae Semakin Kentara, BRI China Telah Menembus Hampir Setiap Jengkal Tanah Timor Leste