Find Us On Social Media :

Timor Leste, Dulu Dijajah Portugis, Diinvasi Indonesia, dan Dikuras Australia, Kini Di Ambang Hubungan Penuh Muslihat dengan Negara Pemberi Jebakan Utang Ini

By Khaerunisa, Jumat, 11 September 2020 | 18:45 WIB

(ilustrasi) Timor Leste

Intisari-Online.com - Republik Demokratik Timor Leste, sebuah negara yang telah melalui perjalanan penuh liku, dari sebelum merdeka hingga menjadi negara yang berdiri sendiri.

Selama beratus-ratus tahun Timor Leste menjadi tanah jajahan Portugis.

Kemudian selepas dari genggaman Poertugis, Indonesia datang menginvansi wilayah berjuluk Bumi Lorosae ini.

Tak berhenti di situ, satu-satunya harapan Timor Leste keluar dari kemiskinan, yaitu ladang minyaknya, juga ikut dikuras negara tetangganya, Australia.

Baca Juga: Ribuan Orang Tewas, Inilah Kekacauan yang Terjadi Usai Referendum Timor Leste, hingga Campur Tangan Pasukan Australia Ini

Setelah meraih kemerdekaan yang oleh internasional secara resmi diakui sejak 20 Mei 2002, Timor Leste masih berkubang dalam kemiskinan.

Negara ini pun kini 'dihantui' oleh hutang pajak ke China di masa depan.

Hal itu seperti yang diungkapkan dalam artikel beltandroad.news (2019), berjudul 'Colonized by Portugal, invaded by Indonesia, suckered by Australia. Timor-Leste doesn’t need another abusive relationship'.

Mengingat sejarah menyedihkan tentang eksploitasi oleh orang asing, demokrasi muda Timor-Leste hampir tidak dapat disalahkan karena sangat bersikeras pada swasembada.