Find Us On Social Media :

Meski Namanya Mentereng, Ternyata Mossad Tak Luput dari Peristiwa 'Memalukan', Sosok Inilah yang Pernah Bikin Agen Rahasia Israel Ini 'Kehilangan Muka'

By Khaerunisa, Jumat, 11 September 2020 | 17:45 WIB

(ilustrasi) Mossad, badan intelijen Israel.

Intisari-Online.com - Mossad, diketahui merupakan salah satu organisasi intelijen terbaik di dunia, baik dalam organisasi, cara kerja, maupun hasil kerjanya.

Awal berdirinya Mossad pada tahun 1938, agen rahasia ini dibentuk untuk mengorganisir orang-orang Yahudi yang ingin pulang ke tanah asalnya, Israel.

Hal itu karena orang-orang Yahudi banyak tersebar di sejumlah negara.

Kemudian cara kerja Mossad pun terus berkembang khususnya dalam metode operasi, ideologi, dan politik hingga akhirnya Mossad mampu membentuk diri sebagai badan intelijen tangguh.

Baca Juga: Dikutuk Seluruh Dunia, Amerika Tetap Mati-matian Dukung Israel Bahkan Beri Bantuan Dana Besar untuk Pembangunan, Tak Disangka Ini Tujuan Asli AS

Ketika negara Israel akhirnya secara resmi berdiri pada 1948, Mossad pun menjadi institusi intelijen yang paling diandalkan Israel untuk mengatasi berbagai masalah, khususnya dari negara-negara dan organisasi yang menjadi musuh utama Israel.

Berbagai misi tempur yang dilancarkan militer Israel pun sukses karena fungsi intelijen Mossad telah menjadi ujung tombak untuk memenangkan pertempuran.

Tak hanya itu, sejak negara Israel berdiri, Mossad bahkan melancarkan operasi penangkapan terhadap tokoh-tokoh penjahat perang Nazi dan sukses.

Sejumlah penjahat perang Nazi Jerman yang bertanggung jawab terhadap pembantaian jutaan orang Yahudi selama PD II yang berusaha kabur ke sejumlah negara seperti Amerika Selatan terus diburu oleh Mossad tanpa mengenal menyerah.