Find Us On Social Media :

Situasi Hampir Memanas, India Dan China Terancam Lakukan Perang, Dunia Mengklaim Hanya Negara Ini Yang Bisa Jadi Penengahnya

By Maymunah Nasution, Jumat, 11 September 2020 | 14:29 WIB

Dari kiri ke kanan: Menlu India Subrahmanyam Jaishankar, Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menlu China Wang Yi

Intisari-online.com - Dalam wawancara dengan WION (India) pada 9-9, Wakil Duta Besar Rusia untuk India Roman Babushkin menegaskan bahwa Menteri Luar Negeri China (China) Wang Yi akan mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari India Subrahmanyam Jaishankar. di sela-sela konferensi senior Shanghai Cooperation Organization (SCO) tahun 2020 pada hari 11-9 di Moskow Rusia.

Diskusi tersebut kemungkinan besar akan melibatkan bentrokan tentara terbaru di perbatasan daerah lembah Galwan di timur wilayah Ladakh yang disengketakan pada akhir Agustus.

Menurut Babushkin, Rusia memiliki posisi yang netral terhadap kedua negara tersebut.

Rusia tidak berniat terjun untuk menyelesaikan masalah India dan China, tapi hanya membantu dalam menciptakan lingkungan yang positif bagi kedua belah pihak untuk berdialog satu sama lain.

Baca Juga: Lewati Malam Pertama dengan Sukses Antara Nenek 80 Tahun dan Pria 35 Tahun, Tapi Ketika Bangun Sang Nenek Tak Bisa Lakukan Ini, Apa yang Terjadi?

Kebijakan Rusia selalu mendukung semua solusi untuk merundingkan diplomasi damai, hingga membatasi konflik militer.

Rusia sebagai penengah

Menurut Asia Times, hampir di setiap pernyataan tentang hubungan Indo-China dan Rusia, mereka menegaskan bahwa mereka tidak berniat mencampuri ketegangan antara kedua negara ini.

Namun, langkah Moskow secara diam-diam mengarahkan India dan China menuju penyelesaian konflik yang lebih aktif, yaitu bertindak sebagai mediator informal.

Baca Juga: Upaya Dekati Indonesia Gagal Total, China Dekati Negara Tetangga Indonesia Ini, Berkedok Tawarkan Keamanan di Laut China Selatan