Find Us On Social Media :

Bikin Geger, Usai Disuntik Vaksin Covid-19 dari China, Relawan Asal Indonesia Ini Justru Positif Terpapar Virus Corona, Petugas Uji Klinis Beri Penjelasan Begini

By Afif Khoirul M, Jumat, 11 September 2020 | 13:18 WIB

Ilustrasi pemberian vaksin

Intisari-online.com  - Sedang geger kabar mengenai apa yang terjadi para relawan vaksin corona asal China.

Tim uji klinis vaksin Covid-19 dari Sinovac, China, menjelaskan tentang kabar yang beredar mengenai relawan vaksin Covid-19 yang terpapar virus corona.

Padahal, relawan tersebut sudah mendapat vaksinasi Covid-19.

“Relawan tersebut setelah mendapatkan suntikan (tidak diketahui vaksin atau plasebo) pertama, bepergian ke luar kota,” ujar Ketua Tim Riset Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Unpad, Prof Kusnandi Rusmil dalam rilisnya, Kamis (10/9/2020).

Baca Juga: Terlanjur Dikirim ke Ruang Angkasa, Negaranya Runtuh Akibat Kudeta, Astronot Ini Terlupakan Sampai 311 Terdampar di Ruang Angkasa, Saat Kembali ke Bumi Begini Kondisinya

Kusnandi menjelaskan, pada kunjungan suntikan kedua, relawan secara klinis dinyatakan sehat dan diberikan suntikan kedua.

Keesokan harinya, relawan menjalani program pemeriksaan swab nasofaring dari Dinas Kesehatan karena ada riwayat ke luar kota.

Oleh petugas dilakukan pengambilan bahan dari apus hidung dan kemudian dikirimkan ke laboratorium BSL2 dengan hasil positif.

Hasil ini disampaikan pada yang bersangkutan.

Baca Juga: Diam-diam Pernah Terkena Tumor Payudara, Gisel Kini Hindari Satu Jenis Makanan Ini Seumur Hidup, Anda Wajib Tahu Ini!