Find Us On Social Media :

Perhatikan Tubuh Anda, Ini 9 Gejala Ovulasi yang Mungkin Anda Lewatkan, Salah Satunya Nyeri Payudara

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 14 September 2019 | 08:30 WIB

Proses pembuahan hingga menjadi bayi.

Intisari-Online.com – Apakah Anda sedang mencoba untuk hamil atau tidak, namun Anda perlu memperhatikan tanda-tanda terjadinya ovulasi untuk lebih mengenal tubuh Anda.

Inilah yang mungkin terjadi pada tubuh Anda, Anda harus mewaspadai, dan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Kram perut

Kram perut mungkin merupakan salah satu gejala ovulasi yang paling umum.

"Pada beberapa wanita, ada tanda-tanda seperti kram tajam di satu sisi perut, tetapi untuk yang lain, tidak ada tanda-tanda sama sekali," kata Jennifer Conti, MD, dokter kandungan-ginekolog di Stanford University dan praktik pribadi di Palo Alto, CA, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Ovulasi dan Kesempatan Hamil, Yuk Dicoba!

"Inilah sebabnya mengapa hamil atau berusaha untuk tidak hamil dapat menjadi tantangan hanya dengan menggunakan kalender, terutama jika menstruasi Anda tidak seperti jarum jam setiap bulan."

Kram ringan biasanya terjadi di daerah perut bagian bawah, biasanya di satu sisi panggul, di sisi yang sama dari mana Anda melepaskan sel telur, menurut Fahimeh Sasan, DO, asisten profesor kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Fakultas Kedokteran Icahn di Gunung Sinai.

“Rasa sakit ini disebut 'mittelschmerz,' kata Jerman yang berarti 'sedang' dan 'rasa sakit',” kata Dr. Sasan, dan itu terjadi pertengahan bulan bagi banyak wanita.

Jika Anda memiliki kram parah, bersama dengan menstruasi yang  menyakitkan, bicarakan dengan dokter Anda untuk menyingkirkan fibroid rahim atau endometriosis.

Baca Juga: Untuk Pasangan yang Ingin Segera Punya Momongan, Sebaiknya Tahu Fakta Menarik tentang Ovulasi

Nyeri payudara