Find Us On Social Media :

Bagaimana Mengelola Diabetes di Tempat Kerja? Ini 8 Tipsnya, Salah Satunya Ngemil Sehat

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 13 Februari 2019 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com – Apakah Anda menderita diabetes? Apa yang Anda lakukan untuk mengelola kadar gula darah di tempat kerja? Bagaimana Anda memeriksa gula darah di tempat kerja?

Orang dengan diabetes bisa berhubungan dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut karena itu yang mungkin menghentikan mereka untuk bekerja.

Namun, banyak hal telah berubah sekarang dengan munculnya teknologin dan kesadaran tentang diabetes yang memungkinkan penderita diabetes untuk mengelola diabetes secara efisien, baik di tempat kerja atau di rumah.

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin untuk memetabolisme glukosa atau tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin secara efisien.

Baca Juga : Fungsi Ajaib Kentang: Mampu Obati Diabetes dan Hancurkan Sel Kanker

Diabetes juga dapat menyebabkan hipoglikemia (kadar gula darah sangat rendah) dan hiperglikemia (kadar gula darah sangat tinggi).

Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh salah mengira sel-sel sehat tubuh sendiri adalah penjajah asing.

Ini menyerang sel-sel dan menghancurkan sel beta penghasil insulin di pankreats. Akibatnya, tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup.

Pada diabetes tipe 2, tubuh memproduksi insulin, tetapi tidak dapat menggunakannya secara efektif.

Baca Juga : Ini 6 Makanan yang Ramah untuk Mengelola Diabetes Tipe -2

Diabetes gestasional terjadi pada wanita hamil dan menghilang setelah ibu tersebut melahirkan.

Ada banyak komplikasi yang berhubungan dengan diabetes yang meliputi kerusakan mata, masalah jantung dan ginjal, radang kaki, dan kondisi kulit dan mulut.

Tetapi bila penderita diabetes bekerja di kantor, maka ia menghadapi kesulitan-kesulitan tertentu lainnya. Di sinilah manajemen diabetes di tempat kerja diperlukan.