Intisari-Online.com - Bangsawan Mesir dulu menjaga ritual suci yang menjamin nikmat ilahi setelah kematian.
Tetapi seiring waktu semua orang Mesir, baik kaya maupun miskin, dapat mengetahui rahasia tersebut.
Ahli Mesirologi Jerman, Karl Richard Lepsius mengubah pemahaman tentang spiritualitas Mesir setelah ia menerbitkan kumpulan teks kamar mayat kuno yang terdiri dari mantra atau formula sihir pada tahun 1842.
Dikenal di Mesir kuno sebagai "The Chapters of Going Forth by Day".
Lepsius menjulukinya sebagai Kitab Orang Mati.
Terdiri dari 200 bab, berisi wawasan yang mendebarkan tentang keyakinan tentang cobaan, kegembiraan, dan ketakutan dalam perjalanan ke alam misterius kematian.
Selama berabad-abad, dianggap tulisan-tulisan yang ditemukan di makam Mesir adalah bagian dari kitab suci kuno.
Belakangan, ketika para sarjana belajar menguraikan hieroglif, mereka menemukan bahwa teks-teks ini adalah mantra—"peta jalan" ajaib yang diberikan kepada orang mati untuk menavigasi jalan mereka dengan aman melalui alam baka.
Meskipun para cendekiawan telah mengetahui kandungan magis dari tulisan-tulisan tersebut sebelum Lepsius diterbitkan, urutan mantra yang cermat dan pemberian nomor bab untuk masing-masing adalah sistem yang masih digunakan untuk mempelajarinya hingga hari ini.
Dari sekian banyak versi mantra yang telah ditemukan, konstruksi teksnya tidak persis sama.
Namun, susunan publikasi Lepsius membantu para sarjana untuk melihat kumpulan karya ini sebagai satu kesatuan yang lebih koheren.
Bagian telah ditemukan tertulis pada gulungan papirus, pada perban yang digunakan dalam mumifikasi, pada makam, dan pada sarkofagus dan barang kuburan orang mati.
Awalnya dimaksudkan semata-mata untuk penggunaan royalti, bagian tertua dari Kitab Orang Mati diambil dari tulisan pemakaman yang dikenal sebagai Teks Piramida, yang berasal dari Kerajaan Lama Mesir, pada awal 2300 SM.
Bagaimana dan kapan Kitab Orang Mati pertama kali disusun adalah sebuah misteri.
Contoh paling awal yang diketahui muncul di sarkofagus ratu dinasti ke-13 Mentuhotep (1633-1552 SM).
Antara Kerajaan Tengah dan Baru, penggunaan Kitab Orang Mati tidak lagi terbatas pada royalti.
Siapa pun yang memiliki cukup uang untuk memproduksi atau memperoleh versi teks tersebut, diharapkan dapat meningkatkan peluang mereka untuk melewati alam baka dengan lancar.
(*)