Intisari-Online.com – Indonesia yang menarik militernya dari Timor Timur pada tahun 1999, akhirnya mengantarkan pada proses kebenaran dan rekonsiliasi yang diamanatkan oleh orang Timor dan PBB.
Sementara itu Komisi Penerimaan, Kebenaran dan Rekonsiliasi, pada tahun 2005, melaporkan temuan dan rekomendasinya.
Namun karena berbagai alasan geopolitik, laporan tersebut diajukan tetapi tidak pernah diperdebatkan di parlemen nasional Timor Leste.
Pada akhirnya, proses pengungkapan kebenaran, rekonsiliasi, dan penyembuhan masyarakat tidak berakhir ketika pendanaan PBB untuk komisi tersebut berakhir pada pertengahan tahun 2000-an.
Kemudian Centro Nacional Chega Dili! (Pusat Memori Nasional) didirikan pada tahun 2016.
Ini difungsikan sebagian untuk terus mendokumentasikan suara-suara lokal, pengalaman dan praktik sehari-hari orang Timor selama pendudukan.
Lembaga ini juga memiliki mandat untuk melestarikan sejarah Timor Leste 1974-1999, dan untuk mempromosikan dan mendorong hak asasi manusia, solidaritas, dan budaya perdamaian.
Seperti di daerah pedesaan, ada pencarian yang sedang berlangsung untuk orang hilang.
Tidak terhitung jumlah orang Timor Leste yang belum ditemukan karena konflik dan pengungsian selama pendudukan Indonesia.
Selagi tubuh anggota keluarga tetap tidak ditemukan, menurut kepercayaan adat masyarakat Timor, maka kesehatan dan kesejahteraan hidup tidak dapat dipastikan.
Maka, pada September 2018, saya melakukan penelitian tentang praktik penyembuhan tradisional di antara beberapa kelompok etnolinguistik yang tinggal di kotamadya Baucau di timur laut.
Saya ditemani oleh suami yang orang Timor Leste, Quintiliano, dan pensiunan perawat kesehatan mental Senhor Fransisco, melakukan perjalanan jauh ke pedalaman Baucau untuk mewawancarai seorang dukun setempat.
Tabib, Senhor Domingos, menemui kami di lokasi yang disepakati dan mengarahkan kami ke jalan setapak yang curam dan sempit menuju sebuah rumah dan halaman yang penuh dengan orang.
Di tempat itu, terpal terbungkus dalam susunan tenda di depan tempat banyak orang berkumpul.
Beberapa orang terlihat sedang makan, dan yang lain mengerjakan apa yang tampak seperti pertukangan.
Rupanya sebuah monumen sedang dibangun di atas bukit dari rumah.
Lebih banyak orang duduk di dalam mengelilingi meja panjang yang dilapisi tais, kain tenun Timor.
Kami diundang ke beranda dan banyak pria dengan cepat berkumpul untuk duduk bersama kami.
Ketika itu saya berpikir, karena melihat semua kegiatan tersebut, bahwa seseorang pasti telah meninggal, dan kami tiba pada tahap awal mate uma (pemakaman).
Saya pikir, sungguh waktu yang tidak menguntungkan untuk datang wawancara.
Namun, segalanya menjadi jelas, ada sesuatu yang lain sedang terjadi.
Alih-alih peti mati, seperti yang diharapkan untuk ditemukan di mate uma, banyak bahan yang dibundel diletakkan dengan hati-hati di sepanjang meja.
Rupanya 23 bundelan kain itu berisi sisa-sisa kematian perang rumah asal ini.
Seperti yang kemudian ditunjukkan kepada kami, masing-masing berisi tulang, atau batu, sebagai tulang simbolis, pria, wanita, dan anak-anak yang telah meninggal pada tahun-tahun awal invasi.
Banyak yang melarikan diri melintasi lembah ke pegunungan Matebian yang relatif aman, ketika pasukan Indonesia menguasai daerah itu.
Beberapa dari mereka diburu dan dibunuh oleh militer Indonesia, sedangkan yang lainnya mati kelaparan.
Tubuh mereka tidak pernah ditemukan dan dibaringkan sampai sekarang.
Setelah konsultasi baru-baru ini dengan roh alam, anggota keluarga almarhum telah mengorganisir pesta pemulihan tulang.
Lebih dari dua bulan mereka mengikuti jalan menuruni lembah dan masuk ke hutan kisaran Matebian.
Jenazah yang mereka temukan telah disimpan sementara di klinik kesehatan di desa pegunungan Kelikai sebelum diangkut dari pegunungan ke pantai dan kembali ke Gunung Ariana.
Ketika kami diundang untuk memberikan penghormatan, setiap sarung dibuka dengan hati-hati untuk mengungkapkan nama almarhum yang tertulis di secarik karton.
Dalam dua hari, seorang imam Katolik akan datang ke rumah itu untuk membaptis setiap orang secara anumerta sesuai dengan harapan kontemporer.
Kemudian, sisa-sisa individu mereka masing-masing akan 'dipakai' dan ditempatkan di peti mati chipboard kecil yang sedang dibuat oleh para pemuda di bawah tenda.
Dua hari kemudian, komunitas akan berkumpul di kuburan yang menghadap Matebian untuk misa Katolik penuh.
Sebuah kuburan besar dengan 23 kompartemen terpisah telah disiapkan.
Inilah saat yang sangat emosional bagi semua orang yang berkumpul.
Properti itu penuh sesak dengan orang-orang, dari yang lemah hingga bayi yang baru lahir.
Aura kuat di sekitar tugas yang ada bisa saya rasakan.
Mereka memiliki tekad untuk menghormati kerabat mereka dan dengan hormat membaringkan mereka untuk beristirahat.
Sementara itu, monumen yang sedang dibangun di luar rumah, untuk memperingati dua pahlawan yang gugur, yaitu pejuang gerakan perlawanan FALINTIL yang tewas dalam pertempuran.
Untuk proses tersebut, mereka mendapat dukungan melalui reparasi yang tersedia dari dana veteran perlawanan yang disponsori pemerintah.
Namun, untuk penguburan kembali anggota keluar, yang merupakan korban perang biasa, jatuh ke tangan para penyintas konflik.
Satu rumah asal, yang terdiri lebih dari 200 orang, memiliki 25 mayat untuk dimakamkan.
Ketika kami duduk dengan orang-orang di beranda, saya dikejutkan dengan gelombang emosi dan kesedihan yang luar biasa.
Ketika itu, saya menjadi tidak yakin apakah saya bisa melalui wawancara ini.
Tetapi justru kesedihan itu melatih kemarahan pada dunia yang biasa saya huni dan memberi saya hak istimewa yang bbesar.
Kami berada di komunitas yang jelas-jelas miskin, yang berkumpul untuk mencoba pulih dari kerusakan akibat perang yang dilancarkan lebih dari 40 tahun yang lalu.
Negara saya sendiri diam-diam mendukung invasi dan pendudukan Timor Timur.
Senjata yang digunakan oleh tentara dan bom yang dijatuhkan oleh pesawat dipasok oleh pemerintah AS dan Inggris, sekutu Australia.
Kini, kekuatan Barat yang jauh ini memberi selamat kepada diri mereka sendiri karena telah mengawasi kemerdekaan dan status Timor-Leste sebagai negara-bangsa baru.
Tetapi, pada saat yang sama, mereka semakin mengungkapkan kekesalan mereka atas kurangnya 'pembangunan' dan kapasitas orang Timor.
Namun orang-orang yang terkena dampak kampanye berdarah ini terus memanfaatkan kapasitas budaya kolektif mereka untuk mencoba mengatasi kehilangan dan trauma mereka dan untuk bergerak maju dengan cara yang paling intim dan terhubung secara fisik.
Kehidupan sehari-hari mereka adalah dunia yang jauh dari ruang rapat di mana para ahli pembangunan mencari nasihat untuk mengatasi 'hambatan budaya' untuk pembangunan.
Pemakaman jenazah fisik ini bukanlah akhir dari perjalanan, mengutip aspistrategist.org.au.
Tetapi sebaliknya, itu membuka jalan ke masa depan.
Ini memberi orang kehidupan suatu cara untuk melanjutkan hidup mereka sendiri dan memungkinkan orang yang meninggal untuk mengambil tempat yang seharusnya sebagai pelindung orang hidup.
Pertukaran antara rumah-rumah asal yang mengelilingi ritual kematian membantu menyelesaikan hutang yang belum dibayar dan mengakhiri peristiwa masa lalu saat mereka menciptakan jalan dan celah baru.
Namun, semua ini membutuhkan tubuh yang berduka secara kolektif dan berbaring untuk beristirahat.
Proses yang tidak mungkin terjadi. Hingga kini. (Oleh: Lisa Palmer, profesor di University of Melbourne dan penulis, terakhir, Island encounters: Timor-Leste from the outside in, dari mana posting ini diambil).
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari