Find Us On Social Media :

Nasib Timor Leste Kini di Ujung Tanduk, Presidennya Positif Covid-19 saat Sistem Kesehatannya Sudah di Ambang Keruntuhan, Pemerintah Sampai 'Angkat Tangan' Kendalikan Pandemi

By Khaerunisa, Senin, 6 September 2021 | 17:30 WIB

Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak ketika menerima suntikan vaksinasi Covid-19 keduanya pada bulan Juni.

Intisari-Online.com - Pada Rabu (1/9/2021) kemarin, Pemerintah Timor Leste mengumumkan, Perdana Menteri Taur Matan Ruak dinyatakan positif Covid-19.

Itu terjadi ketika negara termuda Asia Tenggara ini menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Perdana menteri berusia 64 tahun yang telah divaksinasi penuh terhadap virus pada Juni tersebut, kemudian melakukan isolasi mandiri di kediamannya dengan perawatan pekerja medis.

Hal itu seperti yang disampaikan ketua Dewan Menteri Fidelis Manuel Leite Magalhaes.

Baca Juga: Tak Disangka Beginilah Kekuatan Militer Timor Leste Sekarang, Setelah 19 Tahun Merdeka dari Indonesia dan Dulu Hanya Dibeking Australia

“Kami bersyukur perdana menteri sudah dua kali disuntik vaksin Covid-19. Kondisinya membaik,” katanya kepada wartawan Dili dikutip UCA News (2/9/2021).

Timor Leste kini tengah menghadapi peningkatan kasus harian yang signifikan setelah awalnya berhasil mengendalikan pandemi ketika pertama kali melanda negara itu tahun lalu.

Pada 1 September, ada 4.480 kasus aktif, sehingga jumlah infeksi menjadi 16.941 sejak pandemi dimulai, menurut Pusat Manajemen Krisis Terpadu negara itu.

Korban meninggal mencapai 72, dengan lebih dari setengahnya terjadi sejak bulan lalu.