Find Us On Social Media :

Sok Koar-koar Menentang Invasi Indonesia di Timor Leste, Inilah Sosok Politisi Australia 'Bermuka Dua' yang Sempat Hasut Indonesia untuk Caplok Timor Leste

By Khaerunisa, Selasa, 7 September 2021 | 21:15 WIB

Ilustrasi Timor Leste

Intisari-Online.com - Andrew Peacock, politisi mantan menteri luar negeri Australia, dikenal sebagai sosok yang terus terang mengkritik pelanggaran hak asasi manusia di negara-negara seluruh dunia.

Sejak kematian Peacock pada 13 April, penghormatan kepadanya telah mengalir dari seluruh perbedaan politik.

Ia dikenang sebagai sosok besar yang meninggalkan jejak “tak terhapuskan” di Australia pada 1970-an dan 1980-an.

Mantan perdana menteri John Howard menyatakan dia sebagai menteri luar negeri yang "cukup luar biasa".

Baca Juga: Konon Ini yang Membuat Presiden Soeharto Gagal Menangkan Hati Rakyat Timor Leste Lewat Pembangunan Patung Kristus Setinggi 89 Kaki di Dili, padahal Sudah Habiskan Miliaran Rupiah

Tetapi, Peacock juga meninggalkan jejak 'kelam' di negara tetangga dekat Australia, Timor Leste.

Pada awalnya, ia memiliki kecenderungan untuk mendukung rakyat Timor dalam aspirasi mereka untuk mendapatkan kemerdekaan. Dia mendukung penentuan nasib sendiri Bumi Lorosae.

Kemudian yang terjadi berbeda. Ia justru kemudian mendukung upaya pencaplokan Indonesia, menyebarkan narasi palsu tentang hal itu kepada publik Australia dan komunitas internasional.

Juga melindungi rezim Suharto dari pengawasan dalam situasi pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan dan hilangnya nyawa.