Rupanya Untuk Melewati Terusan Suez Tidaklah Gratis, Untuk Melewatinya Saja Ternyata Harus Membayar dengan Harga yang Cukup Mahal, Segini Biayanya

Afif Khoirul M
Afif Khoirul M

Editor

Fakta Kemacetan Terusan Suez
Fakta Kemacetan Terusan Suez

Intisari-online.com - Pekan lalu dunia dikejutkan dengan terjebaknya kapal kargo MV Ever Given di Terusan Suez.

Kapal itu terjebak di tengah kanal, sehingga membuat jalur tersebut macet, sehingga menyebabkan kerugian hingga 1 miliar dollar AS.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah jalur tersebut bebas dan gartis untuk dilewati?

Atau jalur tersebut memiliki gerbang seperti laiknya jalan tol yang secara ekslusif hanya bisa dilewati kendaraan tertentu setelah membayar.

Baca Juga: Siasa Sangka Wanita Cantik Ini Dituduh Jadi Dalang Terjebaknya Kapal MV Ever Given di Terusan Suez, Tetapi Mengapa Bisa Wanita Ini yang Dituduh?

Menurut Daily Express, pada Minggu (4/4/21), ternyata untuk melewati terusan Suez tidaklah gratis, dan ada biaya yang harus dibayar jika ingin melewatinya.

Namun, jalur laut tersebut tidak memiliki gerbang seperti laiknya jalan tol.

Terusan Suez dibuka untuk berbisnis, namun saat terjadi kendala seperti macetnya kapal MV Ever Given, petugas langsung turun tangan.

Pihak berwenang langsung melepaskan haluan dan buritan kapal dari masing-masing tepi kanal.

Baca Juga: Pernah Jadi Simbol Kekuasaan Inggris Atas Tanah Afrika, Ternyata Terusan Suez Juga Jadi Saksi Bisu Runtuhnya Kerajaan Inggris, dan Hancurnya Kekuasaan Inggris di Dunia

Penundaan yang lama mengakibatkan kerugian yang cukup besar, baik bagi perusahaan yang menyusuri kanal, maupun pejabat yang mengelolanya.

Semua orang yang pernah melihat Terusan Suez, dari atas akan memahaminya sebagai garis lurus tanpa bentuk.

Ini menghubungkan Teluk Suez dan Laut Mediterania.

Karena itu, kanal ini tidak memiliki gerbang, yang biasanya terdapat di kanal-kanal Inggris.

Kapal yang bermaksud untuk melewati terusan Suez, harus melalui radio ke pelabuhan sebelum melakukan perjalanan sejauh 120 mil ke utara atau selatan.

Awalnya sempat diusulkan untuk memasang gerbang di kanal tersebut.

Tetapi kaisar Prancis, Napoleon Bonaparte membatalkan rencana tersebut pada abad ke-19, karena itu akan memakan banyak waktu dan uang.

Baca Juga: Setelah Terusan Suez Berhasil Lancar Kembali, Mesir Malah Tagih Ganti Rugi Sampai 14,5 Triliun Rupiah, Kapal Ever Given Terancam Tidak Bisa Tinggalkan Mesir

Mereka berasumsi bahwa Laut Merah, lebih tinggi 8,5 meter dari mitranya di Mediterania.

Sementara itu, berapakah biaya untuk melintas di Terusan Suez?

Menurut laporan, seperti yang telah terlihat dalam krisis Ever Given, Terusan Suez menerima lalu lintas harian yang cukup padat.

Banyak kapal-kapal besar melintasi kanal ini karena sebagai jalur alternatif tercepat di wilayah itu.

Milyaran poundsterling telah melewati kanal itu, dan ketika macet ini akan menjadi kerugian tersendiri bagi pengelolanya.

Menurut perusahaan pelayaran Norwegia, Wilhelmsen Holding ASA, jumlah tol tersebut bergantung pada beberapa faktor.

Calon kapal yang melewati harus berdasarkan variabel berikut:

Baca Juga: Demi Saingi Terusan Suez, Ternyata AS Pernah Hampir Gunakan 520 Bom Nuklir Untuk Hancurkan Daratan di Dekat Israel Ini, Namun Gagal Dilakukan Gara-Gara Hal Ini

  • Jenis kapal
  • Draf (panjang kapal) dalam meter.
  • Tonase kotor kapal (GRT).
  • Status kapal (sarat atau tanpa muatan).
  • Titik masuk (utara atau selatan).
Misalnya kontainer 400 meter sarat dengan SCNT dan GRT 80 yang memasuki pintu utara akan dikenalan biaya 6.141,20 dollar AS atau sekitar Rp89 juta.

Artikel Terkait