Intisari-Online.com - Pada tahun 2020, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko mengumumkan perjanjian normalisasi yang kontroversial dengan Israel.
Itu mengikuti langkah-langkah beberapa dekade lalu oleh Mesir dan Yordania, yang masing-masing menandatangani kesepakatan dengan Israel pada tahun 1979 dan 1994.
Selama upacara Gedung Putih pada 15 September, UEA dan Bahrain menandatangani kesepakatan yang disponsori AS, yang secara resmi dikenal sebagai Abraham Accords, untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.
"Harus diakui bahwa UEA dan Bahrain menormalisasi hubungan dengan Israel di tingkat resmi."
"Tapi normalisasi di tingkat rahasia sudah ada sejak lama," kata Ateq Jarallah, seorang peneliti Yaman, kepada Anadolu Agency.
Dia mengutip tekanan AS dan kelemahan negara-negara Arab dan lembaga-lembaga Islam untuk kedua negara Teluk yang menormalisasi hubungan dengan Israel.
"Orang-orang Arab tidak berada pada level yang sama dalam oposisi dan penolakan terhadap normalisasi."
"Jadi UEA menemukan kesempatan ini untuk secara resmi mengumumkan normalisasi dengan Israel," katanya.
Ahmed Atawna, direktur Pusat Visi untuk Pembangunan Politik, percaya bahwa pengaruh Iran yang meningkat di seluruh kawasan juga menjadi alasan utama di balik normalisasi UEA dan Bahrain dengan Israel.
"Kehadiran kuat Iran di Irak, Suriah, dan Yaman meningkatkan kebutuhan negara-negara Teluk Arab terhadap dukungan dan perlindungan Amerika."
"Hal ini memungkinkan AS untuk lebih menekan negara-negara ini dan syarat pemberian layanannya melalui Tel Aviv."
Pro kontra
Jarallah berpendapat bahwa aspirasi Emirat untuk meningkatkan pengaruh regionalnya berada di balik keputusannya untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.
"UEA tidak melihat dirinya sebagai negara yang menawan di komunitas internasional dan tingkat populer di negara-negara Arab dan Islam."
"Oleh karena itu, UEA percaya bahwa melindungi di balik lobi Zionis akan memperkuat pengaruhnya di kawasan dan mempertahankan catatan hak asasi manusianya di tingkat internasional," katanya.
Adapun Bahrain, Jarallah mengatakan, "keuntungannya sedikit sama dengan ukuran negara."
"Keuntungan terbaiknya adalah hadir dalam perjanjian internasional, serta menemukan jalan keluar dari setiap gerakan Syiah populer yang mengancam rezimnya."
Atawna memiliki pandangan serupa:
"Tampaknya bagi negara-negara ini bahwa mereka memperoleh manfaat langsung melalui penguatan hubungan dengan AS dan memperoleh beberapa sistem keamanan dan militer Israel, atau memiliki teman atau sekutu di kawasan untuk membantu mereka menghadapi potensi risiko."
"Tetapi negara-negara ini tidak akan mendapatkan keuntungan nyata, terutama karena negara-negara ini sangat kaya dan memiliki pengalaman sukses dalam hal ekonomi, perawatan kesehatan, dan pendidikan dibandingkan dengan Israel."
Sebaliknya, negara-negara ini banyak mengalami kerugian di level strategis.
"Mereka memperkuat pengaruh Israel di kawasan itu, yang akan menyabotase negara-negara ini dari dalam seperti yang telah kita lihat di Mesir dan Yordania, yang normalisasi dengan Israel tidak menghasilkan apa-apa," kata Atawna.
Pembunuh perdamaian
Abu Dhabi mengatakan bahwa Israel telah menangguhkan rencana untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat yang diduduki berdasarkan kesepakatan normalisasi dengan Israel.
Tetapi perjanjian ini menimbulkan kekhawatiran bahwa langkah seperti itu akan mencegah solusi dua negara yang disepakati bersama untuk konflik Israel-Palestina menjadi mungkin.
"Normalisasi ini tidak akan membawa perubahan fundamental di kawasan itu, kecuali bahwa hal itu merupakan pukulan keras bagi Palestina dan perjuangan Palestina," kata Atawna.
"Perjanjian tersebut secara signifikan melemahkan posisi politik Palestina, karena normalisasi bertentangan dengan dasar dari Inisiatif Perdamaian Arab."
"Hal itu karena dibangun di atas gagasan pemberian negara Palestina sebagai imbalan normalisasi Arab dengan Israel, tetapi sekarang Israel memperoleh normalisasi tanpa memberikan kepada Palestina apa pun."
Kekhawatiran ini juga disoroti dalam kritik Otoritas Palestina terhadap perjanjian Bahrain dan Emirat karena Presiden Mahmoud Abbas mencatat bahwa perdamaian tidak dapat dicapai tanpa berakhirnya pendudukan Israel di tanah Palestina.
Dalam jangka pendek, Jarallah mengharapkan bahwa "normalisasi telah mencapai klimaksnya dan dimungkinkan untuk berhenti sementara pada saat ini."
"Namun, jika keruntuhan orang-orang Arab saat ini berlanjut, putaran normalisasi lain dapat terjadi dalam bentuk kunjungan resmi ke Tel Aviv dan pengaruh militer Israel di Teluk dan Laut Merah dapat meningkat dengan bantuan Emirates," dia berkata.
Di tingkat regional, normalisasi akan meningkatkan intensitas eskalasi antara negara-negara Arab di Teluk dan Iran, yang sangat memperhatikan keberadaan Israel di kawasan tersebut.
Kecemasan Iran terhadap Israel terlihat jelas dalam "pernyataan yang mengancam banyak pejabat Iran kepada negara mana pun yang dapat mengizinkan kehadiran Israel dan Amerika di kawasan itu."
"Ketegangan ini akan meningkatkan kompleksitas kawasan," kata Atawna.
Keringanan hutang
Keputusan Sudan untuk menormalisasi hubungan dengan Israel telah menuai kecaman luas dari partai politik di dalam negeri.
"Pemerintah transisi tidak memiliki hak untuk mengambil keputusan seperti itu dan mereka bahkan mengatakan akan menyerahkannya kepada parlemen tetapi mereka tidak melakukannya," kata Fadul Allah Burma, ketua Partai Naional Umma.
"Kami setuju setelah revolusi (melawan Presiden Omar al-Bashir) bahwa kami akan menjaga keseimbangan hubungan luar negeri dengan dunia, tetapi ini tidak terjadi," katanya.
Kamal Karar, seorang anggota terkemuka Partai Komunis, menyebut kesepakatan normalisasi sebagai "memalukan", mengutip bahwa pemerintah transisi menandatangani kesepakatan yang disponsori AS dengan harapan dapat meringankan hutang negara.
Pada hari yang sama Khartoum menandatangani kesepakatan yang disponsori AS untuk menormalkan hubungan dengan Israel.
Washington menandatangani nota kesepahaman dengan Sudan untuk membayar $ 1 miliar tunggakan negara itu ke Bank Dunia.
Menteri Keuangan AS Stephen Mnuchin, yang menandatangani dua perjanjian itu, mengatakan Sudan akan mendapatkan banyak keuntungan ekonomi internasional.
"Itu akan menciptakan peluang positif yang signifikan bagi Sudan dalam membuka sejumlah besar dana baik di Bank Dunia, IMF, dan di Amerika Serikat."
Sementara itu, Menteri Kehakiman Sudan Nasur Aldin Abdul Bari, yang menandatangani kesepakatan itu, mengatakan bahwa Sudan sangat ingin melangkah lebih jauh dalam membangun hubungan diplomatik dengan Israel.
“Dengan tanda tangan ini, kami menegaskan visi bersama kami untuk bekerja sama memperkuat saling menghormati antara agama Ibrahim yang berbeda dan budaya yang berbeda di daerah adalah satu-satunya jaminan bagi bangsa di daerah itu dan generasi baru,” katanya.
Maroko dan Sahara Barat
Hubungan diplomatik resmi antara Maroko dan Israel dimulai pada tahun 1994 pada tingkat yang rendah. Tetapi Rabat membekukan hubungan dengan Tel Aviv pada tahun 2000, setelah pecahnya intifada Palestina kedua.
Bahkan sebelum pengakuan resmi, hubungan antara kedua negara telah diperpanjang hingga beberapa dekade terakhir, menyaksikan imigrasi orang Yahudi Maroko ke Israel dan pertemuan antara pejabat dari kedua negara.
Itu juga termasuk pertemuan antara Raja Maroko dan Perdana Menteri Israel.
Maroko dan Israel sepakat untuk menormalisasi hubungan dalam kesepakatan yang ditengahi dengan bantuan AS pada Desember.
Sebagai bagian dari kesepakatan itu, AS mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat, wilayah sengketa yang diklaim oleh Rabat dan front Polisario yang didukung Aljazair.
Rabat mengatakan langkah itu bukan normalisasi, melainkan dimulainya kembali hubungan resmi yang dimulai pada 1993 tetapi ditangguhkan pada 2000.
Abdel Fattah El-Fatihi, kepala Pusat Strategis Sahara dan Afrika yang berbasis di Rabat, mengatakan normalisasi Maroko dengan Israel terjadi karena berbagai alasan, termasuk posisinya di wilayah Sahara.
"Maroko telah menjadi normal karena beberapa alasan, termasuk tertarik untuk memperkuat kembali hubungannya dengan warga Yahudi, yang berjumlah lebih dari 1,5 juta warga Yahudi Maroko di Israel," kata El-Fatihi, mencatat bahwa langkah seperti itu akan menghidupkan kembali aktivitas pariwisata Maroko setelah pandemi virus korona. "
Pakar politik tersebut menekankan bahwa langkah tersebut juga akan membantu Rabat menarik investasi asing yang besar "serta apa yang diusahakan untuk mendapatkan keuntungan dari keunggulan teknologi (Israel) untuk proyek-proyek pembangunannya."
"Di tingkat politik, Maroko - memanfaatkan hubungannya dengan Israel - diharapkan memainkan peran yang kuat dalam dialog Palestina-Israel," kata El-Fatihi.
Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa "untuk melanjutkan hubungan diplomatiknya dengan Israel, Maroko akan memperkuat posisi negosiasinya di Sahara, dan ini akan diperkuat dengan mobilisasi Amerika sekutunya untuk pengakuan internasional atas Sahara Maroko."
"Kawasan itu juga akan menjadi tujuan proyek investasi penting AS serta memperkuat kerja sama militer dan keamanan antara Maroko dan AS."