Find Us On Social Media :

Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Mengapa Kotak Hitam Selalu Paling Dicari Ketika Terjadi Kecelakaan Pesawat?

By Mentari DP, Kamis, 14 Januari 2021 | 06:30 WIB

Black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan.

Intisari-Online.com - Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI dan para penyelam berhasil menemukan kotak hitam atau black box dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

 

Dilaporkan black box Sriwijaya Air SJ 182 tersebut ditemukan pada Selasa (12/1/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Di mana lokasinya?

Ternyata black box tersebut ditemukan di antara Pulau Laki dan Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Baca Juga: Dituduh Menghasut Pemberontakan, Penggulingkan Donald Trump dari Jabatannya Tinggal Ketok Palu, 'Dia Mulai Ditinggal Sendirian oleh Orang-orang Kepercayaannya'

Rencananya black box akan diserahkan ke tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk diteliti lebih lanjut.

Dalam setiap kecelakaan pesawat, black box selalu dicari dan diteliti.

Tapi mengatapa black box selalu menjadi pembicaraan utama dan komponen paling penting pesawat terbang yang paling dicari ketika terjadi kecelakaan?

Dari sejarahnya kotak hitam diciptakan pertama kali oleh Dr David Warren dari Australia tahun 1956.

Pada mulanya alat ini diberi nama ARL Flight Memory Unit.

Warren menciptakannya karena merasa prihatin terhadap kasus kecelakaan pesawat De Havilland Comet DH-106 yang bertahun-tahun terbengkalai karena ketiadaan  saksi.

Baca Juga: Diberi Nama 'Setan 2', Intip Betapa Sangarnya Rudal Balistik Rusia Ini, Bisa Meluncur dari Luar Angkasa dengan Lebih dari 20 Kali Kecepatan Suara