Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste Tak Lepas dari Revolusi di Portugal, Ini Fakta-fakta yang Perlu Diketahui Tentang Revolusi Anyelir Itu

By Khaerunisa, Rabu, 13 Januari 2021 | 19:15 WIB

(ilustrasi) Sejarah Timor Leste Tak Lepas dari Revolusi di Portugal, Ini Fakta-fakta yang Perlu Diketahui Tentang 'Revolusi Anyelir' Itu

Intisari-Online.com - Sejarah Timor Leste tak lepas dari terjadinya revolusi di Portugal, yang dikenal sebagai 'Revolusi Anyelir'.

Meski diketahui kemerdekaan Timor Leste terjadi setelah pendudukan Indonesia, sebenarnya sebelum itu Bumi Lorosae pernah sekali mendeklarasikan kemerdekaannya.

Kemerdekaan itu hanya berlangsung 'seumur jagung', karena segera datang pasukan Indonesia menginvasi dan menjadikan Timor Leste, yang kala itu bernama Timor Timor, menjadi bagian wilayahnya.

Deklarasi kemerdekaan Timor Leste atas pendudukan Portugal kala itu dilakukan di bawah kekuasaan partai Fretilin, pada 28 November 1975.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste: Krisis Tahun 2006, Kekacauan di Negara Termuda Asia Tenggara, Berujung Terancamnya Nyawa Presiden dan Perdana Menteri

Kesempatan itu datang setelah Terjadi penarikan pasukan Portugal dari Timor Leste.

Ketika itu, Portugal tengah disibukkan dengan kekacauan Revolusi Anyelir. Revolusi ini sendiri mengarah pada janji untuk membebaskan koloni.

Dikutip Kompas.com, melansir dari laman The Center for Justice and Accountability, kekosongan kekuasaan setelah penarikan pasukan Portugal kemudian banyak diisi oleh partai pro kemerdekaan dari akar rumput, yaitu Fretilin (Front Revolusioner untuk Timor Leste Merdeka).

Mereka mengambil peran semi-pemerintah dalam waktu-waktu ini.