Intisari-Online.com - Pada Malam Natal 1971, petir menyambar sebuah pesawat komersial yang terbang di atas Peru.
Pesawat itu akhirnya meledak.
Namun ada satu-satunya yang selamat dari 92 orang di dalamnya.
Dialah Juliane Koepcke yang berusia 17 tahun waktu itu.
Masih terikat di kursinya, dia jatuh 3 km ke dalam hutan hujan Peru.
Berkat keterampilan bertahan hidup yang diajarkan ayahnya, dia muncul 10 hari kemudian dengan tulang selangka yang patah, ligamen lutut yang pecah, dan luka yang dalam, tetapi masih sangat hidup.
Sekarang, tidak semua dari kita adalah penyintas terlatih, tetapi ada hal-hal tertentu yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan peluang kita selamat dari kecelakaan pesawat.
1. Berpakaianlah dengan benar
Anda bisa mulai bahkan sebelum Anda tiba di bandara.
Para ahli merekomendasikan mengenakan pakaian ketat saat Anda terbang.
Jika terjadi kecelakaan, benda-benda yang longgar atau longgar lebih mungkin tersangkut di ujung yang tidak rata dan memperlambat Anda.
Plus, celana jins dan lengan baju yang panjang dan nyaman dapat melindungi anggota tubuh Anda dari benda tajam dan api.
Gandakan keselamatan kebakaran dengan mengenakan pakaian yang terbuat dari katun atau bahan alami lainnya.
Mereka tidak terbakar atau meleleh semudah yang sintetis.
Dan sepatu Anda harus sepraktis pakaian Anda lainnya.
Sepatu bot, sepatu kets, dan sepatu lain yang tidak akan jatuh adalah pilihan cerdas untuk pelarian yang aman.
2. Pilih tempat duduk tengah di belakang
Secara resmi, Federal Aviation Administration mengatakan bahwa tidak ada kursi di pesawat yang lebih aman daripada yang lain, tetapi statistik tidak setuju.
Pada 2015, Time mempelajari kecelakaan pesawat dari 35 tahun sebelumnya.
Ditemukan bahwa kursi di sepertiga belakang pesawat memiliki tingkat kematian 32%, dibandingkan dengan 39% di tengah dan 38% di depan.
Dan jika Anda mempersempitnya lebih jauh, kursi tengah di belakang memiliki peluang terbaik untuk bertahan hidup, dan kursi lorong di tengah pesawat adalah yang terburuk.
3. Aturan lima baris
Analisis oleh profesor Universitas Greenwich Ed Galea menemukan bahwa duduk dalam lima baris pintu keluar darurat akan secara drastis meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup.
Galea menganalisis grafik tempat duduk dari lebih dari 100 kecelakaan pesawat, mewawancarai 1.900 penumpang dan 155 anggota awak.
Dia menemukan bahwa sebagian besar korban hanya perlu bergerak lima baris atau kurang sebelum melarikan diri dari pesawat.
Lebih dari itu, peluang Anda untuk bertahan hidup menurun.
4. Letakkan tas jinjing kecil Anda di bawah kursi
Memberikan sedikit ruang untuk kaki adalah harga kecil yang harus dibayar untuk perlindungan ekstra.
Kaki dan kaki patah sangat umum terjadi pada kecelakaan pesawat.
Melindungi mereka sangat penting untuk evakuasi cepat.
Menempatkan barang bawaan Anda di bawah kursi di depan Anda akan menutup celah itu, sehingga kaki Anda tidak bisa tergelincir ke bawah dan tertangkap.
Itu juga dapat membalut tulang kering Anda jika mereka terbang ke depan saat terjadi benturan.
5. Perhatikan presentasi keselamatan
Jika Anda sering terbang, Anda mungkin tidak selalu memperhatikan pengarahan keselamatan sebelum penerbangan.
Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS mensurvei hampir 500 penumpang yang terlibat dalam evakuasi pesawat antara tahun 1997 dan 1999.
Sedikit lebih dari setengah dari mereka mengatakan bahwa mereka hanya memperhatikan 50% dari presentasi atau kurang.
13% mengatakan mereka tidak menonton sama sekali.
Dari penumpang pada penerbangan US Airways 2009 yang terkenal yang mendarat di Hudson, hanya sekitar 30% dari mereka yang menyaksikan pengarahan tersebut.
Setelah benturan, hanya 10 dari 150 orang di dalamnya yang mengambil rompi pelampung dan dievakuasi bersama.
Alasan yang paling banyak dikutip untuk mengabaikan pengarahan?
Orang yang sering terbang mengira mereka sudah terbiasa dengan peralatan di dalam pesawat.
6. Bersiap untuk benturan
FAA telah menguji posisi brace pada boneka uji tabrak sejak tahun 1967.
Posturnya telah berubah dan diperbarui selama bertahun-tahun, tetapi gagasan umumnya tetap sama.
Condongkan tubuh ke depan dan dekatkan kepala ke kursi di depan Anda.
Ini melayani dua tujuan.
Salah satunya adalah untuk menjaga agar tidak terjadi pukulan seminimal mungkin, dan yang lainnya adalah untuk mengurangi kemungkinan dampak sekunder.
Dampak sekunder adalah cedera kepala di atas cedera kepala, seperti yang mungkin terjadi jika kepala Anda membentur kursi di depan Anda beberapa kali saat terjadi kecelakaan.
FAA merekomendasikan untuk menahan kepala Anda pada objek yang mungkin terkena dan melenturkan atau menekuk anggota tubuh Anda ke dalam untuk menahannya.
7. Tetap terikat pada sesuatu
Jika terjadi kecelakaan yang jarang terjadi saat pesawat sedang melaju, Anda bisa jatuh bebas.
Bertahan dalam penurunan enam mil sangat tidak mungkin, tetapi bukan tidak mungkin.
Dan jika Anda tetap terikat pada sesuatu, peluang Anda sedikit lebih baik.
"Wreckage rider" adalah istilah yang diciptakan oleh sejarawan amatir Jim Hamilton.
Hamilton mengembangkan Free Fall Research Page, database online dari hampir setiap contoh manusia yang jatuh dari ketinggian.
Rekor jatuh terlama yang selamat tanpa parasut dipegang oleh seorang pengendara bangkai kapal.
Pada tahun 1972, seorang pramugari Serbia bernama Vesna Vulovic jatuh 33.000 kaki setelah pesawat yang dia tumpangi diledakkan di atas Cekoslovakia.
Terjepit di antara kereta katering, tempat duduknya, bagian dari pesawat, dan tubuh sesama anggota kru, dia menabrak lereng bersalju yang terluka parah tetapi masih hidup.
Orang-orang sering kali memiliki sikap fatalistik dalam hal kecelakaan pesawat, yang dapat menyebabkan sikap apatis dalam hal pengarahan keselamatan.
Namun NTSB mengatakan kecelakaan pesawat, yaitu ketika pesawat mengalami kerusakan parah atau seseorang menderita cedera serius atau kematian, memiliki tingkat kelangsungan hidup 95%.
Jadi, pada saat Anda mengalami turbulensi dan mulai memikirkan semua cara Anda bisa mati, pikirkan semua cara Anda bisa hidup sebagai gantinya.
(*)