Advertorial
Intisari-Online.com – Menurut yang diketahui kebanyakan orang, bahwa anak perempuan itu kalah dalam keterampilan di bidang teknik dan matematika.
Sebuah penelitian baru tampaknya mengesampingkan mitos bahwa perempuan tidak sebagus dalam bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) bila dibandingkan dengan laki-laki karena dugaan kekurangan biologis dalam kemampuan matematika.
Ini adalah salah satu kesimpulan utama dari studi oleh tim Universitas Carnegie Mellon yang diterbitkan akhir pekan lalu di jurnal Science of Learning.
Penelitian itu secara komprehensif memeriksa perkembangan otak anak laki-laki dan perempuan, mengungkapkan tidak ada perbedaan gender dalam fungsi otak atau kemampuan matematika.
Baca Juga: Wanita Ini Alami Serangan Jantung Setelah Berusaha Jelaskan Soal Matematika pada Anaknya
Ini berfokus pada pengembangan anak usia dini menggunakan serangkaian tugas matematika yang terbatas.
"Kami melihat bahwa otak anak-anak berfungsi dengan cara yang sama terlepas dari jenis kelamin mereka sehingga mudah-mudahan kami dapat mengkalibrasi ulang harapan apa yang dapat dicapai oleh anak-anak dalam matematika," Jessica Cantlon di Carnegie Mellon University dan Mary Ann Zdrojkowski, profesor Perkembangan Saraf di CMU Dietrich College of Humanities and Social Ilmu dan penulis senior di atas kertas.
Untuk mendapatkan kesimpulan ini, Cantlon dan timnya melakukan studi neuroimaging pertama yang mengevaluasi perbedaan gender biologis dalam kecerdasan matematika anak-anak.
Mereka menggunakan MRI fungsional untuk mengukur aktivitas otak pada 104 anak kecil sambil menonton video pendidikan yang mencakup topik matematika awal seperti berhitung dan penambahan.
Lima puluh lima peserta adalah perempuan. Usia peserta berkisar antara tiga hingga 10 tahun.
Para peneliti kemudian membandingkan hasil pemindaian dari anak laki-laki dan perempuan untuk mengevaluasi kesamaan otak.
Mereka juga memeriksa kematangan otak dengan membandingkan pemindaian anak-anak dengan yang diambil dari sekelompok orang dewasa (63 orang dewasa; 25 wanita) yang menonton video matematika yang sama.
Sejumlah perbandingan statistik mengungkapkan tidak ada perbedaan dalam perkembangan otak anak perempuan dan laki-laki.
Juga tidak ada perbedaan dalam cara anak laki-laki dan perempuan memproses keterampilan matematika dan sama-sama terlibat saat menonton video pendidikan.
Hasilnya juga menunjukkan kematangan otak anak laki-laki dan perempuan secara statistik setara jika dibandingkan dengan laki-laki atau perempuan dalam kelompok dewasa.
Para peneliti juga membandingkan hasil Tes Kemampuan Matematika Dini (tes standar untuk anak-anak berusia 3 hingga 8 tahun) dari 97 peserta (50 anak perempuan) untuk mengukur tingkat perkembangan matematika.
Mereka menemukan kemampuan matematika sama di antara anak-anak dan tidak menunjukkan perbedaan jenis kelamin atau usia.
Juga tidak ada perbedaan gender antara kemampuan matematika dan kematangan otak.
"Bukan hanya anak laki-laki dan perempuan menggunakan jaringan matematika dengan cara yang sama tetapi bahwa kesamaan terbukti di seluruh otak," Alyssa Kersey, sarjana postdoctoral di Departemen Psikologi, University of Chicago dan penulis pertama di kertas, mencatat.
"Ini adalah pengingat penting bahwa manusia lebih mirip satu sama lain daripada kita berbeda."
Satu alasan untuk persepsi yang salah bahwa anak perempuan tidak begitu baik dalam STEM adalah bahwa masyarakat dan budaya cenderung mengarahkan anak perempuan dan perempuan muda menjauh dari bidang matematika dan STEM, kata Cantlon.
"Sosialisasi yang khas dapat memperburuk perbedaan kecil antara anak laki-laki dan perempuan yang bisa berubah menjadi cara kita memperlakukan mereka dalam sains dan matematika," menurut Cantlon, seperti dilansir dari Medical Daily.
"Kita harus menyadari asal-usul ini untuk memastikan kita bukan yang menyebabkan ketidakadilan gender "