Find Us On Social Media :

Seperti Apa Taman Bermain Senilai Rp679 M yang Dibangun oleh Seorang Ayah untuk Anaknya yang Berkebutuhan Khusus?

By Agus Surono, Kamis, 31 Agustus 2017 | 17:30 WIB

Intisari-Online.com - Gordon Hartman baru saja mentas dari kolam renang saat liburan keluarga, ketika  putrinya yang berusia 12 tahun, Morgan, menuju ke sekelompok anak yang sedang bermain di air.

Morgan ingin bermain bersama anak-anak itu, namun yang dihadapinya ternyata membuat Hartman tersayat hatinya. Anak-anak itu segera meninggalkan kolam.

Hartman tahu mengapa anak-anak itu menghindar. Mereka tidak tahu harus bagaimana bergaul dengan Morgan yang meski sudah berusia 12 tahun tapi pemahaman kognitifnya masih berusia lima tahun. Selain itu Morgan juga penyandang autisme.

Kejadian itu selalu membayang di pikirannya.

Hartman dan istrinya, Maggie, lalu bertanya kepada orangtua lain apakah ada tempat bermain di mana mereka bisa membawa putri mereka dengan nyaman, begitu juga dengan pengunjung lain nyaman berinteraksi dengan putrinya.

(Baca juga: Keren! Google Maps Sediakan Fitur untuk Penyandang Disabilitas)

Ternyata, "Kami menyadari tempat inklusif semacam itu tidak ada," kata Hartman.

Maka pada 2007 ia memutuskan untuk membangun sendiri taman bermain seperti yang diangankan. Sebagai mantan pengembang properti, dia menjual bisnis pembuatan rumahnya di tahun 2005 untuk mendirikan The Gordon Hartman Family Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berusaha membantu orang-orang disabilitas.

Kemudian dia mulai menciptakan "taman hiburan khusus disabilitas pertama di dunia".

"Kami mengangankan sebuah taman hiburan tempat setiap orang bisa melakukan segalanya, tempat orang-orang dengan dan tanpa kebutuhan khusus dapat bermain," kata Hartman.

Dia berkonsultasi dengan dokter, terapis, orangtua, dan orang lain dengan dan tanpa kebutuhan khusus untuk membangun taman bermain itu. Ini dibangun di lokasi seluas 25 hektar bekas tambang di San Antonio, Texas.

(Baca juga: Menginspirasi, Ayah Ini Ikut Triathlon dengan Mengajak Serta Putrinya yang Disabilitas)

Taman yang disebut Morgan's Wonderland ini menghabiskan biaya AS$34 juta (sekitar Rp453 miliar) dan dibuka pada tahun 2010. Atraksi termasuk roda Ferris yang dapat dimainkan oleh semua jenis anak, taman bermain petualangan, dan kereta mini.