Find Us On Social Media :

Bukan Sekadar Kalimat Kosong, Motto Hidup Ternyata Punya Banyak Manfaat Hebat

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 30 Maret 2017 | 16:00 WIB

Berpikir Positif Membantu Hidup Menjadi Lebih Baik

Intisari-Online.com—Jangan anggap sepele dengan orang-orang yang memiliki motto dalam hidupnya. Sebab motto bukan kalimat kosong belaka yang dibuat agar terlihat hebat.

Mari kita pikirkan, mengapa begitu mudah melupakan berbagai hal yang baik dalam hidup? Misalnya, kita yang tadinya berkomitmen untuk berolahraga setiap hari, malah berhenti di tengah jalan. Tadinya berjuang untuk mengejar karier, malah melesu dalam beberapa waktu.

Ya, begitu banyak distraksi, godaan, dan gangguan untuk tetap teguh memegang komitmen yang sebenarnya untuk kebaikan kita sendiri. Karena itulah kita membutuhkan motto hidup, sebagai sebuah mantra yang membuat kita berbalik pada jalur yang seharusnya!

(Kontes Kecantikan untuk Perempuan Gemuk ini Memiliki Slogan 'I am Fat so What?' (1)

Psychologytoday.com merumuskan 9 manfaat memiliki motto hidup:

1. Motto dapat menggantikan pikiran negatif yang destruktif

Misalnya, kita cenderung berpikir bahwa kita akan gagal ketika melakukan sesuatu. Mengapa tidak mengganti pikiran itu dengan motto: “Apapun yang terjadi saya pasti bisa!”, “A journey of a thousand miles begins with a single step.”

2. Motto membantu kita mengubah kebiasaan

Sebuah motto dapat menolong kita untuk mengubah kebiasaan yang buruk menjadi kebiasaan baik. Misalnya kita memiliki motto:

3. Motto pribadi mengingatkan kita akan prinsip dan siapa diri kita

Motto pribadi kita, menggambarkan diri kita sendiri. Sebab motto mengarahkan kita untuk fokus kepada hal-hal apa yang perlu kita lakukan dan bagaimana kita menanggapi berbagai hal dalam hidup.

4. Motto mengajarkan kita akan nilai-nilai kehidupan dan hati nurani