Find Us On Social Media :

Berumur Sekitar 2.400 Tahun, Pedang Berlapis Emas Scythian ‘Akinakes’ Ditemukan di Ukraina Selatan Bersama Prajurit Penunggang Kuda yang Menggunakannya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 26 Februari 2022 | 14:50 WIB

Akinakes, pedang pendek berlapis emas ditemukan di Ukraina Selatan.

Intisari-Online.com – Mengesankan, sebuah penemuan dalam bentuk kuburan utuh seorang prajurit Scythian telah dilaporkan dari situs penggalian di kuburan Gunung Mamai di Oblast Zaporizhzhia di Ukraina Selatan.

Para arkeolog menemukan parit dengan sisa-sisa tulang binatang dan pecahan kecil amphorae.

Hal itu merupakan tanda-tanda yang jelas dari karakteristik perayaang berkabung Scythians dan budaya kuno lainnya.

Ketika dilakukan penggalian lebih lanjut, terungkap dua kuburan, yaitu dengan lubang pemakaman pusat yang lebih besar dan yang lebih kecil.

Pada awalnya tim arkeolog memutuskan untuk membersihkan yang lebih kecil, dan itu membutuhkan waktu hampir tiga hari, menurut Euromaidan Press.

Saat membersihkan kontur lubang, para arkeolog menemukan amphora tanah liat abu-abu yang langka, dan kerangka, yang diperkirakan milik seorang pemuda berusia 18-20 tahun, diduga dia adalah penunggang kuda dan prajurit Scythia.

Lalu, para arkeolog tersebut juga menemukan kapak besi, panah perunggu dan tulang, dan gesper kekang.

Artefak yang paling menarik adalah akinakes berlapis emas (belati Scythian/pedang pendek) dengan pegangan bergaris daun, pelindung silang, dan sarung dengan ujung bilah.

Baca Juga: Terbesar di Mesir! Inilah Alat dan Bahan Pembalseman Mumi Mesir Kuno Ditemukan dalam Keadaan Utuh, Diperkirakan Milik Pejabat Tinggi

 Baca Juga: Di Dalam Piramida Berusia 3.800 Tahun, Ditemukan Ruang Pemakaman yang Diyakini Sebagai ‘Rumah’ Seorang Putri Mesir, Tetapi Makamnya Bak ‘Dirampas’ dari Pendahulunya

Senjata akinakes, yang juga digunakan oleh wanita Sarmatia bersenjata, ditemukan dalam jumlah besar di kuburan militer Sarmatia yang digali.

Tidak hanya bersama senjatanya, prajurit muda itu juga dimakamkan bersama dengan beberapa ornamen.