Find Us On Social Media :

'Jangan Bepergian ke Ukraina' Amerika Serikat Tiba-tiba Perintahkan Semua Warganya Pulang dari Ukraina Sekarang Juga, Benarkah Perang Sudah Akan Terjadi di Eropa Timur?

By May N, Jumat, 11 Februari 2022 | 14:23 WIB

Situasi Asli di Perbatasan Ukraina-Rusia

Intisari - Online.com - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) meminta warga Amerika di Ukraina segera tinggalkan negara itu.

Melansir Al Jazeera, permintaan ini diajukan mengutip ancaman invasi Rusia di tengah krisis yang berlangsung di Eropa Timur.

Dalam rujukan bepergian yang diperbaharui Kamis lalu, AS juga mendesak warganya yang tetap ada di Ukraina guna berhati-hati karena "potensi operasi peperangan yang seharusnya dilaksanakan Rusia."

"Jangan bepergian ke Ukraina karena peningkatan ancaman yang meningkat dari aksi militer Rusia dan Covid-19; mereka yang ada di Ukraina seharusnya pergi sekarang melalui transportasi pribadi atau komersial," tulis rujukan tersebut.

Ada empat tingkat peringatan dari AS, paling rendah adalah "terapkan kehati-hatian normal".

Ukraine sudah menjadi sasaran larangan berwisata tertinggi karena Covid-19 dan ketegangan dengan Rusia.

Namun bagi warga Amerika yang ada di Ukraina, rujukan sebelumnya mengatakan mereka "seharusnya mempertimbangkan keluar" dari negara tersebut.

Arahan baru juga memperingatkan warga AS jika "pemerintah AS tidak akan mampu mengevakuasi" mereka jika aksi militer Rusia terjadi di wilayah Ukraina manapun.

Baca Juga: Demi Gertak Amerika Hingga Buat Ukraina Tunduk, Inilah Senjata Rahasia Rusia yang Konon Bisa Menyulut Perang Dunia III, Sudah Dikerahkan ke 2 Negara Amerika Utara Ini

Baca Juga: Pantas Saja Rusia Cuma Bisa Diam dan Menggerutu, Begini Kuatnya Ancaman yang Diberikan Inggris Kepada Rusia Jika Berani Geruduk Ukraina dan Mulai Perang di Eropa

"Aksi militer mungkin terjadi kapan saja tanpa peringatan dan akan berdampak secara parah kepada kemampuan Kedutaan Besar AS menyediakan jasa konsultasi, termasuk bantuan bagi warga AS meninggalkan Ukraina," tulis arahan tersebut.

Ketegangan Ukraina dan Rusia