Find Us On Social Media :

Berumur Sekitar 3.300 Tahun, Dua Sphinx yang Gambarkan Kakek Firaun Tutankhamun Ini Ditemukan di Mesir dalam Keadaan Setengah Tenggelam di Dalam Air

By K. Tatik Wardayati, Senin, 31 Januari 2022 | 14:20 WIB

Dua sphinx yang ditemukan dalam keadaan tenggelam setengah dalam air.

Intisari-Online.com – Para arkeolog sedang memulihkan patung-patung batu besar yang ditemukan setengah terendam air di situs pemakaman firaun Mesir Amenhotep III.

Para arkeolog di Mesir ini telah menemukan sisa-sisa dua patung sphinx besar di sebuah kuil kuno di Luxor, melansir ARTNews dari laporan Tessa Solomon.

Patung-patung tersebut, masing-masing berukuran  7,92 meter, ditemukan setengah tenggelam dalam air di sebuah kuil untuk Amenhotep III.

Amenhotep III adalah kakek raja Tutankhamun, dan seorang firaun yang memerintah Mesir dari tahun 1390 SM sampai 1353 SM.

Sebuah tim peneliti Mesir dan Jerman menemukan artefak saat memulihkan situs pemakaman penguasa kuno, yang dikenal sebagai ‘Kuil jutaan tahun’, menurut pernyataan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

Tim ini juga menemukan tiga patung granit hitam Sekhmet, dewi perang berbentuk singa betina, dan sisa-sisa tiang dan dinding dengan ukiran adegan upacara.

Artefak itu terletak di dekat jalan prosesi penting  yang digunakan pada upacara dan perayaan selama masa hidup firaun.

Sementara relief dinding menampilkan gambar Heb-Sed, festival besar yang diadakan oleh Emenhotep pada tanda 30 tahun pemerintaahnya dan setiap tiga tahun setelahnya untuk menghormati pemerintahannya yang panjang, yang berlangsung hampir 40 tahun.

Baca Juga: Demi Bikin 730 Patung Sekhmet, Firaun Amenhotep III Rela Hamburkan Kekayaannya, Memangnya Apa Arti Patung-patung Itu?

 Baca Juga: Beginilah Kehidupan dan Kematian Ratu Mesir Tiye, Ibu dari Akhenaten dan Nenek Firaun Tutankhamun, Patung Payudaranya Terpisah dari Tubuhnya

Menurut Abdel Rahim Rihan, direktur penelitian di KementeriBaca Juga: Misteri Kalung Matahari Tutankhamun, Ditemukan dalam Peti Mati, Liontin Dada Emas dengan Tatah Peristiwa Sehari-hari, Tapi Tanpa Gambar Binatang Ini yang Dihilangkan, Kenapa?

an Pariwisata dan Purbakala, ini merupakan salah satu pesta terpenting bagi orang Mesir Kunoyang merayakan akhir tahun ke-30 raja naik takhta.