Find Us On Social Media :

Sungguh Indah! Topeng Mumi Tutankhamun Terbuat dari Emas dan Beragam Batu Mulia, Apa Sebenarnya yang Diwakili oleh Topeng Kematian Firaun Mesir Kuno Itu?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 4 Januari 2022 | 08:10 WIB

Topeng kematian Tutankhamun, terlihat dari depan dan belakang, yang terbuat dari emas dan batu mulia.

Intisari-Online.com – Terindah dan terlihat mewah, topeng Tutankhamun merupakan topeng pemakaman yang terbuat dari emas dan batu mulia.

Topeng ini dianggap sebagai karya seni Mesir yang paling terkenal.

Orang Mesir Kuno dicirikan dengan membuat objek yang berbeda untuk upacara pemakaman.

Seperti mumi, topeng kematian, patung pelindung, dan semua jenis elemen, karena mereka percaya pada kehidupan setelah kematian.

Baca Juga: Kematian Misterius Istri Tutankhamun, Ratu Ankhesenamun yang Hidupnya Penuh Kesengsaraan, Akhiri Garis Darah Amarna Sejati dan Sejarah Mesir Kuno, Benarkah Dia Dibunuh?

 

Arkeolog Howard Carter yang menemukan pada tahun 1925, dengan sisa potongan yang ditemukan di dalam makam (ini diklasifikasikan sebagai makam KV62 dan satu-satunya yang ditemukan utuh sampai saat ini), sangat mencolok karena kesempurnaan dan nilainya.

Topeng Tutankhamun tersebut dibuat oleh pandai emas dan bertanggal antara 1354-1340 SM, dianggap sebagai karya seni Mesir paling terkenal di dunia.

Topeng tersebut mewakili wajah firaun muda dengan cara yang ideal, yaitu sebagai ‘gambar hidup Amun’.

Amun merupakan firaun yang berasal dari dinasti ke-18 yang pemerintahannya diperpanjang dari 1336/5 hingga 1327/5 SM) dan ditemukan tersusun di wajah mumi untuk melindunginya.

Baca Juga: Tak Gunakan Bantal Kapuk, Seperti Ini Sandaran Kepala yang Digunakan Orang Mesir Kuno, Tidak Hanya untuk Tidur Tetapi Juga Menopang Kepala Orang Mati Agar Tidak Terjadi Hal Ini!