Find Us On Social Media :

Terletak di Kalimantan Timur dan Bercorak Hindu, Inilah Kerajaan Kutai Martadipura yang Miliki Bukti Peninggalan Sejarah Tertua, Ketika Runtuh Kerajaan Ini Berubah Menjadi Kerajaan Islam

By K. Tatik Wardayati, Senin, 24 Januari 2022 | 11:50 WIB

Kerajaan Kutai Martadipura yang kemudian dikuasai Kerajaan Kutai Kartanegara.

Intisari-Online.comKerajaan Kutai Martadipura merupakan kerajaan bercorak Hindu di Nusantara , dengan bukti sejarah tertua bukti keberadaan kerajaan ini berupa prasasti Yupa.

Kerajaan ini terletak di Muara Kaman, tepatnya di hulu Sungai Mahakam, yang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Melansir iPusnas dari tulisan Kebudayaan dan Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia karya Anton Dwi Laksono, Kerajaan Kutai Martadipura ini berdiri sejak abad ke-4 Masehi.

Raja pertama Kerajaan Kutai adalah Kudungga, yang diduga sebagai seorang kepala suku yang akhirnya mengubah sistem politik setelah ajaran Hindu-Buddha masuk ke daerah tersebut.

Dari kisah yang tertulis di Prasasti Yupa, Kerajaan Kutai meraih puncak kejayaan di bawah pimpinan Maharaja Mulawarman,  yang naik takhta menggantikan sang ayah, Raja Aswawarman.

Mulawarman  berhasil memperluas wilayah kekuasaan Kerajaan Kutai, yang disebut-sebut hampir menguasai seluruh bagian Pulau Kalimantan.

Selama masa kekuasaan Mulawarman disebut juga bahwa penduduknya hidup dengan tenteram dan sejahtera, dengan lokasi kerajaan yang strategis yang menunjang perkembangan Kutai secara pesat.

Kerajaan Kutai ini terletak di jalur perdagangan antara China dan India, oleh karena itu perniagaan menjadi bagain yang tak terpisahkan dari kehidupan ekonomi masyarakat selain pertanian.

Baca Juga: Dibangun Sebagai Akibat dari Kejatuhan Kerajaan Majapahit, Inilah Kerajaan Buleleng, yang Berdiri Setelah Dewa Agung Ketut, Penguasa Bali dan Lombok Membagi Kerajaannya

 Baca Juga: Lebih Beken Disebut Kerajaan Pajajaran, Pecahan dari Kerajaan Tarumanegara, Inilah Kerajaan Sunda dan Galuh, Dua Kerajaan di Jawa Barat yang Berbeda dengan Kerajaan di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Namun, kejayaan Kutai ini berakhir pada masa kekuasaan Maharaja Dharma Setia, yang tewas pada 1365 di tangan Raja Kutai Kartanegara ke-13, Aji Pangeran Anum Panji Mendapa.

Maka dengan tewasnya Dharma Setia, Kerajaan Kutai Martadipura ini pun runtuh dan dikuasai oleh Kutai Kartanegara.