Find Us On Social Media :

Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Jepang Mulai Bangun Jet Tempur Sendiri untuk Perkuat Armada Jet Tempur Mereka, Ragukan Jet Tempur F-35 Buatan Amerika?

By May N, Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:29 WIB

Mitsubishi X-2 Shinshin, generasi pendahulu jet tempur keenam Jepang

Intisari - Online.com - Ulasan Pertahanan Jangka Menengah Jepang 2019 secara diam-diam membeberkan bahwa setelah bertahun-tahun ragu, Tokyo memutuskan melanjutkan pengembangan jet tempur mereka.

Jet tempur ini merupakan jet tempur generasi keenam yang dirancang lokal, yaitu Mitsubishi F-3.

Jepang mengurungkan niatnya membeli tambahan jet tempur sebagai penyokong armada jet tempur F-35s mereka yang terus tumbuh.

Pada Februari 2019, Kementerian Pertahanan Jepang secara eksplisit mengkonfirmasi niat ini kepada majalah alutsista Jane.

Dilaporkan persyaratan kemampuan F-3 akan dirilis dalam anggaran tahun 2020 dengan perkembangan secara resmi dimulai tahun 2021 dan penerbangan pertama dijadwalkan pada 2030.

Jet tempur F-3 baru akan mulai menggantikan jet tempur mesin tunggal Mitsubishi F-2 sebanyak 100 unit dibangun lokal: F-16s yang diperbaiki dan kemahalan.

Target Jepang adalah penggantian ini dimulai pada pertengahan sampai akhir 2030-an, melansir National Interest.

Kemudian berita fitur Jepang pada Maret 2018 membeberkan jejak dekat dari mesin turbofan XF 9-1 canggih dan radar Electronically Scanned Array di bawah pengembangan untuk program F-3.

Baca Juga: China Dicurigai Jadi Penyebab Kecelakaan Jet Tempur Paling Canggih Amerika F-16V yang Digunakan Taiwan, Pengamat Sebut Inilah Alasan Sebenarnya

Baca Juga: Banyak Negara Mengincarnya, Amerika Malah 'Singkirkan' 3 Jet Tempur F-35 Canggihnya dari Penerbangan ke 'Cold Storage', Mengapa?

Berita itu juga membeberkan proyek pengembangan program dengan biaya mencapai 5 triliun yen, setara dengan hampir Rp 626 triliun.

Biaya per pesawat dapat melebihi angka yang sebelumnya disebut yaitu 20 miliar yen ( Rp 2,5 triliun).