Find Us On Social Media :

Banyak Negara Mengincarnya, Amerika Malah 'Singkirkan' 3 Jet Tempur F-35 Canggihnya dari Penerbangan ke 'Cold Storage', Mengapa?

By Tatik Ariyani, Kamis, 6 Januari 2022 | 09:14 WIB

Pesawat tempur F-35B buatan AS

Intisari-Online.comAngkatan Laut AS sedang mencari kontraktor untuk membantu menyimpan tiga jet tempur F-35 awal – dua pesawat varian B, dan satu F-35C – yang tidak lagi diperlukan untuk pengujian penerbangan.

Keputusan ini menggarisbawahi kemajuan yang dibuat dalam mengeluarkan program F-35 dari fase pengujian yang sulit.

Pentagon akhirnya akan menyetujui pembuatan jet tingkat penuh tahun ini setelah lebih dari 750 telah dikirim ke pembeli di seluruh dunia.

Dalam pemberitahuan kontrak yang diposting online pada 30 Desember 2021, Naval Air Warfare Center Aircraft Division (NAWCAD), yang berkantor pusat di Naval Air Station Patuxent River di Maryland, pertama kali mengungkapkan bahwa mereka ingin menempatkan F-35 ke dalam penyimpanan jangka panjang, melansir The EurAsian Times, Rabu (5/1/2022).

Saat ini, ketiga jet tersebut ditempatkan di Patuxent River.

Sebagai bagian dari fase pengembangan dan demonstrasi sistem (SDD) program F-35, setidaknya 19 pesawat dari berbagai varian diproduksi khusus untuk tujuan pengujian.

Kontrak SDD awal diberikan kepada Lockheed Martin pada tahun 2001, dan fase ini secara teknis masih aktif.

Program ini menyelesaikan pengujian penerbangan pengembangan pada tahun 2018 dan beralih ke pengujian dan penilaian operasional.

Baca Juga: Pantas Saja Indonesia Mantap Borong Jet Tempur Rafale, Negara Teluk Sekelas Ini Saja Pilih Borong Jet Tempur Buatan Perancis Itu Daripada F-35 Buatan Lockheed Martin AS

Baca Juga: Maroko VS Aljazair: Maroko Mati-matian Berusaha Dapatkan Pesawat Tempur F-35 AS, Padahal Pesawat Su-57 Rusia Pilihan Aljazair Lebih Hebat, Ini Buktinya

“Dengan berakhirnya bagian Pengembangan dan Desain Sistem (SDD) dari program uji terbang F-35, tiga pesawat sains penerbangan F-35 Integrated Test Force (ITF) NAS Patuxent River (x1 F-35C dan x2 F-35B) ) tidak lagi diperlukan untuk mengumpulkan data uji terbang,” jelas pemberitahuan tersebut.

“Oleh karena itu, telah ditentukan di F-35 Joint Program Office (JPO) bahwa pesawat ini akan diawetkan melalui sistem pengawetan/perlindungan (yaitu shrink wrap) dan diangkut ke tempat lain untuk penggunaan lain di kemudian hari.”