Find Us On Social Media :

Pantas Saja Indonesia Mantap Borong Jet Tempur Rafale, Negara Teluk Sekelas Ini Saja Pilih Borong Jet Tempur Buatan Perancis Itu Daripada F-35 Buatan Lockheed Martin AS

By May N, Jumat, 24 Desember 2021 | 16:10 WIB

Dassault Rafale

Intisari - Online.com - Perlombaan senjata sudah lama menjadi isu politik dan diplomasi yang panas, dengan banyak negara berlomba-lomba menciptakan senjata mematikan untuk dijual ke negara lain.

Contoh yang paling terbaru dalam kontes senjata adalah antara Amerika Serikat (AS) dan musuh lamanya, Perancis.

Keduanya sudah beradu kemampuan memperebutkan pakta AUKUS yang kemudian dimenangkan oleh AS, membuat Perancis berang dan merasa Australia mengkhianati mereka.

Namun kini Perancis layaknya bisa membalas dendam atas pengkhianatan Australia atas AUKUS atau kapal selam nuklir dari AS dan Inggris, dan bisa berkacak pinggang di depan AS.

 Baca Juga: Ditakuti Israel, Terungkap Peralatan Militer Andalan Iran yang Digunakan untuk Menyerang Targetnya

Mengutip Eurasian Times, Perancis baru saja memenangkan kontrak dengan Uni Emirat Arab terkait penjualan senjata mereka.

UEA yang di masa kepemimpinan Donald Trump sudah membicarakan pembelian jet tempur F-35 dari Lockheed Martin malah ternyata mengurungkan niatnya dan memilih borong jet tempur buatan Perancis, Dassault Rafale.

Kesepakatan UEA dengan AS terkait F-35 semakin berat dengan keduanya sama-sama ngotot, membuat UEA mundur dari kesepakatan militer mewah itu, yang dianggap sebagai momen menggebrak dalam hubungan pertahanan antara UEA dan AS di bawah administrasi Trump.

Setelah hampir setahun maju-mundur mengenai pembelian F-35, UEA akhirnya memutuskan menutup kesepakatan itu dan memilih Rafale F4 untuk sekarang dan secara efektif melepaskan semua ambisi mereka membeli jet tempur siluman AS.

Baca Juga: Tak Sekedar Bisa Angkat Senjata Perang, Militer Amerika Malah Bisa Jadi Harapan Umat Manusia di Masa Depan Karena Berhasil Temukan Vaksin Covid-19 Untuk Semua Jenis Virus?