Find Us On Social Media :

Namanya Terdengar hingga Daratan China, Terkuak Catatan dari Negeri Panda Ini Justru Beberkan Kehidupan Asli Masyarakat di Kerajaan Majapahit, Seperti Apa?

By Khaerunisa, Minggu, 26 Desember 2021 | 18:15 WIB

Situs Trowulan Mojokerto, sisa-sisa peninggalan Majapahit.

Intisari-Online.com - Kerajaan Majapahit terkenal sebagai kerajaan terbesar di Nusantara pada masanya.

Kerajaan yang berdiri antara abad ke-13 hingga abad ke-16 ini disegani di kawasan Asia Tenggara, bahkan namanya terdengar hingga ke daratan China.

Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-14, yaitu ketika diperintah oleh Raja Hayam Wuruk (1350-1389 M).

Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, kerajaan ini berhasil membuat seluruh kepulauan Indonesia bahkan Jazirah Malaka mengibarkan panji-panji Majapahit.

Baca Juga: Kehebatannya Pernah Sampai Taklukkan Nusantara, Tak Disangka Ini Dia Taktik Perang Andalan Kerajaan Majapahit yang Membuatnya Menjadi Kerajaan Terbesar di Indonesia

Kehebatan kerajaan Majapahit menguasai Nusantara dengan kekuatan maritimnya yang begitu melegenda sering diperbincangkan, tetapi bagaimana kehidupan masyarakat masa kerajaan Majapahit sendiri?

Rupanya, potret kehidupan masyarakat Majapahit diceritakan oleh seorang Muslim asal China bernama Ma Huan dalam catatannya ketika mengikuti kunjungan Cheng Ho di Pulau Jawa 1413-1415 M.

Catatan perjalanan itu kemudian dipublikasikan dalam bentuk buku yang berjudul Yingyai Shenglan diterbitkan tahun 1451 M.

Buku tersebut membahas tentang perjalanannya selama mengikuti ekspedisi Laksamana Cheng Ho.