Find Us On Social Media :

Misteri Mumi Rawa Eropa, Ditemukan di Lahan Gambut, Terpelihara dengan Baik, Tetapi Mati Akibat Kekerasan, Benarkah Karena Ritual Pengorbanan untuk Dewa Mereka pada Zamannya?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 17 Desember 2021 | 12:10 WIB

Pria Tollund, salah satu mumi rawa Eropa yang ditemukan di lahan gambut.

Intisari-Online.com – Mayat rawa, atau mumi rawa, adalah mayat kuno yang sangat terpelihara dengan baik dan ditemukan di lahan gambut di Eropa Utara.

Rupanya lahan gambut telah berfungsi sebagai kuburan massal dari Sebelum Masehi hingga Abad Pertengahan.

Dan banyak mumi mayat yang ditemukan itu mengungkapkan kematian akibat kekerasan.

Dari raja hingga rakyat jelata, dewasa hingga anak-anak, setiap tubuh menceritakan kisah hidup dan mati yang berbeda.

Baca Juga: Misteri Kalung Hering Tutankhamun, Emas Lambang Dewi Pemakan Bangkai yang Ditempatkan di Dada Mumi Mesir, Bukan Digunakan Sebagai Ornamen Belaka, Lalu untuk Apa?

Banyak dari mumi tubuh lahan gambut itu menunjukkan pelestarian yang luar biasa, dan petunjuk yang menyertai mumi tersebut sering mengungkapkan keadaan yang suram.

Begitu menakjubkannya keadaan pelestarian di beberapa tubuh mumi lahan gambut, sehingga pakaian dan ekspresi wajah mereka sama seperti saat mereka dikuburkan.

Bahkan isi perut, kulit, kuku, dan bulu tubuh masih ada.

Biasanya, mayat ditemukan ketika pekerja mengeringkan lahan sphagnum dan mengekstraksi gambut.

Baca Juga: Misteri Mumi Pakistan Berusia 2.600 Tahun yang Dijual di Pasar Gelap, Benarkah Ini Mayat Putri Raja Xerxes Yang Agung dari Persia? Analisis dari Para Ilmuwan Ini Sungguh Tak Terduga!