Find Us On Social Media :

Tiga Mumi Mesir Kuno Berlidah Emas Ditemukan, Arkeolog Ungkap Fungsi dari Lidah Berlapis Kertas Emas Tersebut

By Tatik Ariyani, Minggu, 12 Desember 2021 | 17:15 WIB

Tiga lidah emas ditemukan dengan sisa-sisa mumi.

Intisari-Online.com - Hingga saat ini, para arkeolog masih terus melakukan pencarian sisa-sisa peninggalan Mesir Kuno.

Yang terbaru, para arkeolog menemukan tiga mumi yang merupakan penduduk Mesir kuno, yakni seorang pria, perempuan, dan anak-anak.

Ketiga mumi yang dikubur dalam dua makam berdekatan ini memiliki lidah yang dilapisi kertas emas.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengungkapkan lidah berlapis kertas emas itu kemungkinan merupakan tradisi yang diyakini dapat membantu mereka berbicara dengan dewa ketika sudah mati.

Baca Juga: Peduli Setan dengan Kutukan, Pantas Saja Mumi Mesir Kuno Sering Jadi Sasaran Perampokan, Terkuak Ada Bagian yang Sangat Berharga di dalam Mayat Mumi

Salah satu makam yang berisi mumi perempuan dan anak berusia 3 tahun memiliki jejak penjarahan.

Makam berisi dua mumi itu memiliki sarkofagus batu kapur dengan tutup berbentuk seperti wanita, dikutip Kompas.com dari portal berita Ahram Online, Minggu (5/12/2021).

Sementara untuk kuburun pria yang diperkirakan berasal dari dinasti ke-26 (664 SM hingga 525 SM) juga dikenal sebagai periode Saite, tidak disentuh penjarah.

"Ini sangat penting, karena kami jarang menemukan makam yang benar-benar tertutup," kata Esther Pons Mellado, salah satu direktur misi arkeologi Oxyrhynchus, kepada The National, sebuah surat kabar yang meliput Timur Tengah.

Baca Juga: Berkuasa Hingga Lebih dari 3.000 Tahun, Tetapi Apa yang Terjadi pada Periode Pradinasti Firaun di Mesir Kuno? Salah Satunya Perbedaan dalam Pemakaman, Begini Cara Mereka Perlakukan Mayat