Find Us On Social Media :

Berusia Lebih dari 200 Tahun, Ditemukan Mumi Sisa-sisa Keluarga Abad ke-18 dalam Sebuah Kotak di Gereja Hongaria, Benarkah Penyakit Mereka Masih Ada Hingga Sekarang?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 3 Desember 2021 | 14:15 WIB

Mumi yang ditemukan dalam sebuah kotak di gereja Hongaria.

Intisari-Online.comDitemukan dalam kotak di sebuah gereja di kota Vac, Hungaria, dan dianalisis pada tahun 2015, tulang-tulang berusia lebih dari 200 tahun mungkin merupakan tonggal sejarah dalam sains.

Pada tahun 1994, sebuah gereja Dominikan tua dipenuhi oleh para peneliti, di kota Vac, Hongaria.

Ketika membuka kotak misterius di dalam situs suci, para ahli terkejut menemukan sisa-sisa 265 individu yang terpelihara dengan sangat baik.

Itu bukan tulang biasa, tetapi mumi yang mengejutkan para peneliti.

Baca Juga: Berumur 800 Tahun, Mumi Ini Ditemukan oleh Para Arkeolog di Peru dalam Sebuah Makam Berbentuk Oval dalam Keadaan Terikat Anggota Tubuhnya dengan Tali, Diduga Disembunyikan dari Kolonial Eropa

Apalagi, mumi itu terkena penyakit, yang dulunya cukup misterius.

Penyakit yang disebut ‘basilus tuberkulosis’ itu baru ditemukan oleh peneliti Robert Koch pada tahun 1882.

Penyakit itu disebabkan oleh bakteri Mycobacterius tuberculosis dan menyerang paru-paru, menyebabkan batuk berkepanjangan, berdahak, dan demam.

Tetapi, orang-orang di abad ke-18 ketika itu tidak mengetahui penyebabnya.

Baca Juga: Nasib Tragis Sarkofagus Pendeta Penyanyi Mesir Kuno yang Belum Dibuka, Hancur di Brasil Saat Umurnya 2.700 Tahun, Inilah Mumi Sha-Amun-en-su yang Percaya Musik Bantu Perjalanan Menuju Alam Baka