Find Us On Social Media :

Bantu Orang Mati untuk Bergabung dengan Dewa di Akhirat, Inilah ‘Buku Napas’, Teks Akhirat di Mesir Kuno dengan Satu Set Formula Magis

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 11 Desember 2021 | 14:35 WIB

Buku Napas yang digunakan untuk bertemu Dewa di akhirat oleh orang Mesir Kuno.

Intisari-Online.com – Terjemahan dan studi Papirus yang berisi salah satu dari banyak teks Pemakaman kuno baru-baru ini diterbitkan di Universitas Chicago.

Pada 24 Mei 1894, Papirus itu dimasukkan ke Museum Sejarah Alam Lapangan di Chicago (FMNH).

Papirus yang juga dikenal sebagai FMNH31324 ini diakuisisi oleh seorang kolektor bernama Edward E. Ayer selama tinggal di Eropa.

Isi dari papirus FMNH31324 telah dipelajari dengan cermat oleh kepala arsip dan penelitian, Foy Scalf, di Institut studi Oriental di Universitas Chicago.

Baca Juga: Tak Hanya Bangun Piramida untuk Firaun, Inilah Pekerjaan Pria dan Wanita yang Buktikan Ketangguhan Kerajaan Mesir Kuno Hingga Bertahan Selama 3.000 Tahun

Untuk pertama kalinya, terjemahannya diterbitkan dalam jurnal “Near Eastern Studies” (Oktober 2020) lembaga tersebut.

Penelitian ini membentuk dasar untuk analisis baru teks Pemakaman Mesir: ‘Buku Napas’, satu set formula magis yang tujuannya adalah untuk membantu orang mati untuk bergabung dengan para dewa di akhirat.

Kata “respirasi”, digunakan dalam teks sebagai metafora, untuk mewakili semua aspek kehidupan yang diharapkan akan ditemui lagi oleh almarhum di akhirat.

Menurut Scalf, “dalam beberapa tahun terakhir, fokus baru pada vitalitas dinamis telah muncul, dibuktikan dalam produksi dan transmisi literatur Pemakaman Mesir selama periode Ptolemaic dan SD Romawi.

Baca Juga: Meski Dianggap Perlu, Sistem Pendidikan Terbatas pada Ahli Taurat dan Masyarakat Kaya di Mesir Kuno, dan Hanya Diterima oleh Anak Laki-laki, Bagaimana dengan Wanita?