Find Us On Social Media :

Sempat Hebohkan Indonesia dengan Anggaran Alutsista Rp 1700 Triliun, Media Asing Ini Tetap Soroti Prabowo Sebagai Sosok yang Membawa 'Perubahan' ke Kemenhan, Apa Penyebabnya?

By May N, Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:41 WIB

Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan Indonesia yang disorot media asing karena keberhasilannya dalam masalah ini

Intisari - Online.com - Dalam dua tahun terakhir, mantan jenderal Angkatan Darat Prabowo Subianto telah menjadi pria paling berpengaruh yang menduduki posisi menteri pertahanan era pasca-Suharto.

Hal ini disampaikan dalam artikel The Diplomat.

Ia menjadi sosok delegasi presidensial, jaringan formal maupun informal serta sumber pribadinya telah menjadikannya kuat dalam menjabat menteri pertahanan.

Padahal Juni 2021 lalu muncul sebuah kontroversi terkait bocornya dokumen yang merincikan rencana pengadaan senjata 25 tahun untuk dibayari dengan utang luar negeri jangka panjang dengan biaya USD 125 miliar, atau Rp 1700 T.

Baca Juga: Sudah Dinego Habis-habisan oleh Prabowo, Megaproyek Jet Tempur Indonesia-Korea Selatan Ini Malah Terancam Batal, Gara-gara Indonesia Tak Tepat Janji?

Hal ini menjadi kontroversi karena rencana itu disusun tanpa konsultasi atau masukan dari TNI.

Selama pertemuan dengan Komisi I DPR pada 6 Mei, Pemimpin Komando TNI mengakui ia tidak terlibat atau diajak berkonsultasi atas rencana tersebut.

Konsultasi dengan ketiga dinas tersebut hanya dilanjutkan setelah permintaan parlemen, menjadi penanda kontrol kementerian yang ketat terkait proses tersebut.

Kemudian Kemenhan juga belum membagikan informasi itu secara rinci kepada anggota Komisi I.

Baca Juga: Kisah Lucu Anggota Batalyon 'Kegirangan Berharap Dapat Uang Saku' dari Soeharto saat Prabowo Subianto Dipanggil Cendana Sebelum Bertugas ke Timor Leste