Find Us On Social Media :

Padahal Pernah Jadi Tahanan Militer PBB, Pantesan Tetap Dapatkan Penghargaan dari Presdien Jokowi, Terkuak Inilah Jasa Eurico Guterres pada Indonesia

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 20 Agustus 2021 | 16:08 WIB

Eurico Guterres

Intisari-Online.com - Pimpinan milisi Eurico Guaterres menerima penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Jokowi pada Kamis (12/8/2021).

Namun, penghargaan tersebut menuai kontroversi.

Dikutip dari VOA Indonesia, Deputi Direktur Amnesty International Indonesia Wirya Adiwena mengatakan, pemberian penghargaan Bintang Jasa Utama kepada mantan milisi pro-integrasi Timor Timur, Eurico Guterres, mencederai hak asasi manusia di Indonesia.

Sebab, menurut catatan Amnesty, Guterres merupakan terduga pelaku pelanggaran HAM di Timor Leste pada 1999.

Baca Juga: Pernah Jadi Bagian Indonesia, Ternyata Rupiah Masih Digunakan di Timor Leste, Tetapi Hanya Orang Miskin yang Memakainya Sedangkan Orang Kaya Gunakan Dollar AS, Kok Bisa?

Lalu siapakah sosok Erico Guterres?

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Eurico Guterres yang bernama lengkap Eurico Barros Guterres lahir di Waitame, Timor Timur (sekarang Timor Leste), pada 4 Juli 1969.

Eurico muda dibesarkan oleh warga sipil Indonesia dan putus sekolah pada tingkat SMA.

Dia sempat telibat dalam kegiatan gangster kecil-kecilan di Dili.

Baca Juga: Negaranya Boleh Termuda, Tapi Ternyata di Timor Leste Ditemukan Benda Tertua di Dunia Ini, Bukti Bagaimana Manusia Bertahan Hidup di Wilayah Itu Ribuan Tahun Lalu