Find Us On Social Media :

Ramai Anggaran Militer 1700 T Usulan Prabowo, Mari Bandingkan Anggaran Belanja Militer Indonesia dengan Negara-Negara Tetangga

By Maymunah Nasution, Minggu, 13 Juni 2021 | 15:37 WIB

Ilustrasi pasukan TNI . Kementerian Pertahanan merencanakan anggaran 1700 Triliun untuk peremajaan alutsista

Intisari-online.com - Baru beberapa hari yang lalu geger bocornya rancangan Peraturan Presiden (RaPerpres) terkait rencana peremajaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Dokumen Perpres Alpalhankam Kemhan dan TNI tahun 2020-2024 tersebut mengungkapkan rencana pemerintah perkuat alutsista.

Dikutip dari Kompas.com, anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) memberikan respons positif terkait rencana perpres.

Sayangnya rancangan perpres yang tengah disusun Kemenhan itu bocor ke publik dan kemudian jadi kontroversi setelah dibuka oleh beberapa pihak.

Baca Juga: Militer Indonesia Sudah Jadi Nomor 10 Terkuat di Dunia, Menham Prabowo Tetap Tambah Kekuatan TNI AL, Beli 8 Kapal Perang dari Italia!

Kemenhan menyatakan masih dalam proses menggodok regulasi tersebut.

Indonesia memang terkenal negara dengan belanja militer besar.

Dikutip dari Global Fire Power, Indonesia menduduki urutan ke-31 belanja militer terbesar di dunia dengan USD 9,2 miliar per tahun (Rp 130 Triliun).

Anggaran itu terasa kecil dengan anggaran negara tetangga, Australia, yang mencapai USD 42,7 miliar per tahun (Rp 607 Triliun).

Baca Juga: Prabowo Tak Menampik Adanya Mafia Alutsista dan Industri Pertahanan Bayangan Usai Dirinya ‘Minta’ Anggaran Rp 1,7 Kuadriliun untuk Pertahanan