Find Us On Social Media :

ASEAN dalam Posisi Sulit, Tak Bisa Biarkan Rakyat Myanmar Menderita, Tapi Jika Bertindak Terlalu Jauh Ancaman Horor Ini Bisa Hancurkan Persekutuan yang Mati-matian Dibangun Adam Malik Ini

By May N, Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:02 WIB

Jenderal Min Aung Hlaing, menjadi pemimpin tertinggi yang melakukan kudeta di Myanmar.

Intisari - Online.com - Dibentuk sejak 8 Agustus 1967, ASEAN, persekutuan negara-negara Asia Tenggara, tidak pernah ditinggalkan 10 negara Asia Tenggara.

10 negara anggota tersebut antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam serta Vietnam.

Bagaimanapun kondisi masing-masing negara anggota ASEAN, tidak ada ancaman salah satu negara akan meninggalkan persekutuan erat ini.

Namun, agaknya kondisi ini berubah di tengah kegentingan yang terjadi di Myanmar.

Baca Juga: Genderang Perang Sudah Ditabuh, Kepala Negaranya Ditahan, Negara Tetangga Indonesia Ini Bikin Panik Satu Dunia Ketika dalam Negeri Terjadi Perang Sipil Mengerikan

Banyak pakar mengkhawatirkan Myanmar bisa meninggalkan ASEAN sewaktu-waktu.

Melansir The Interpreter, keputusan ASEAN tidak mengundang junta militer Myanmar pada dua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang saling berkaitan di Brunei 26-28 Oktober lalu menimbulkan pertanyaan.

Jika didorong terlalu jauh, apakah junta di Naypydaw akan membawa Myanmar keluar dari ASEAN?

Pemimpin militer Myanmar berpikir lama dan berat sebelum bergabung ke dalam ASEAN, negara yang sudah lama penuh masalah itu akhirnya bergabung dengan ASEAN pada 1997.

Baca Juga: Seantero Dunia Taunya China Cuma Konflik dengan Taiwan, Nyatanya Negeri Panda Punya Sengketa dengan Negara-Negara Ini, Ada 14 Negara Mepet China Mana yang Paling Bikin Sakit Kepala?