Find Us On Social Media :

Pantas Saja Nasibnya Terombang-ambing, PBB Saja Kebingungan Menentukan Siapa yang Berhak Jadi Pemimpin Myanmar, Ternyata Menurut PBB Tidak Ada yang Cakap Memimpin Myanmar

By May N, Selasa, 14 September 2021 | 06:00 WIB

Demonstrasi melawan militer yang berkuasa di Myanmar.

Intisari-Online.com - Masa depan krisis Myanmar dapat ditentukan di New York Selasa besok ketika Majelis Umum PBB bertemu, selama salah satu isu paling kontroversial akan dibahas oleh Komite Kredensial PBB.

Majelis Umum, yang berisikan 9 negara, akan ditugaskan memutuskan siapa yang seharusnya menjadi pemerintah sah negara tersebut.

Pilihan ada dua: junta militer yang mengambil alih pemerintahan sejak kudeta militer 1 Februari lalu, atau pemerintah yang diasingkan, National Unity Government (NUG).

Sejak kudeta, yang menggulingkan pemerintahan demokratis terpilih, National League for Democracy (NLD), Myanmar telah terjebak dalam krisis.

Baca Juga: Kelompok Anti-Kudeta Deklarasikan Perang, Warga Myanmar Ramai-ramai Borong Beras hingga Obat, Bayang-bayang Kekerasaan Diduga Akan Lebih Besar

Perkiraan tentang hal ini bervariasi, tapi pakar memperkirakan ribuan warga sipil telah terbunuh oleh militer selama protes jalanan melawan junta militer.

Ketegangan bersejarah dengan berbagai kelompok etnis Myanmar berisiko menjadi arena perang seluruhnya.

Ekonomi negara itu lumpuh total, infeksi Covid-19 meningkat, Myanmar akhirnya disebut sebagai negara gagal seperti dikutip dari Asia Times.

Sementara itu, komunitas internasional telah menolak mengatakan pihak mana yang mereka anggap pemerintah sah negara tersebut, keputusan yang dapat memperburuk masalah Myanmar.

Baca Juga: Sesumbar Namanya Sangat Sohor Seantero Bumi Lorosae, Negara yang Perlahan Hilang karena Gelombang Pasang Ini akan Seret Timor Leste Jadi Sorotan Negara Muslim karena Masalah Ini