Find Us On Social Media :

Negara Komunis Uni Soviet Benar-benar Terasa 'Komunis' Ketika Dipimpin Joseph Stalin, Simak Perebutan Kekuasaan Stalin Melawan Hitler Ini

By May N, Kamis, 30 September 2021 | 15:58 WIB

Diktator Soviet Joseph Stalin

Intisari-Online.com - Stalin (1878-1953) adalah diktator Uni Soviet (Rusia saat ini) dari 1929 hingga 1953. Lewat kepemimpinannya, Uni Soviet diubah dari masyarakat petani menjadi negara adidaya industri dan militer.

Namun selama pemerintahannya, teror dan jutaan warganya sendiri tewas selama pemerintahan brutal itu.

Akhir tahun 1920-an, Stalin meluncurkan serangkaian rencana lima tahunan yang bertujuan mengubah Uni Soviet dari masyarakat petani menjadi negara adidaya industri.

Rencana pengembangannya berpusat pada kendali pemerintah atas ekonomi dan termasuk kolektivisasi paksa pertanian Soviet.

Baca Juga: Disebut-sebut Bertanggung Jawab Atas Peristiwa G30S/PKI, DN Aidit Merasa Hanyalah ‘Anak Bawang’, Inilah Dedengkot PKI yang Pernah Bertemu dengan Stalin di Moskow

Pemerintah Soviet sejak itu mengambil kendali atas pertanian.

Pemerintahan Stalin menembaki atau mengasingkan jutaan petani yang menolak untuk bekerja sama dengan pemerintahan Stalin.

Kemudian kebijakan dipusatkan, membuat pemilihan kebijakan tidak efisien dan justru menyebabkan kelaparan meluas, menewaskan jutaan orang.

Stalin memerintah dengan teror dan dengan totaliter. Dia tidak segan-segan melenyapkan siapa pun yang mungkin menentangnya.

Baca Juga: Mengenal Tokoh Komunis di Dunia: Inilah Joseph Stalin dan Bagaimana Rusia di Tangan Pemimpin Otoriter yang Tak Segan Bunuh Jutaan Warganya