Find Us On Social Media :

Pantas Saja Terjadi Bencana Kelaparan di Korea Utara, Negara Itu Pilih Meniru Sistem Pertanian Satu Pemimpin Tiran yang Pernah Sebabkan Jutaan Orang Mati Kelaparan

By Maymunah Nasution, Rabu, 23 Juni 2021 | 17:05 WIB

Krisis pangan terjadi di Korea Utara

Intisari-online.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un telah memperingatkan habisnya pangan dan terulangnya "arduous march" (pawai yang sulit), bencana kelaparan seperempat abad yang lalu.

Dunia tentu masih ingat tentang korban dari kelaparan pada tahun 1990-an itu; kematian massal dan kesulitan.

Meski begitu tragedi itu tidak mengejutkan, karena Korea Utara sudah sering mengalami bencana kelaparan sampai sering penduduknya mati kelaparan.

Bencana kelaparan di dunia ini bukanlah sesuatu yang baru, jauh sebelum Kekaisaran Romawi berkuasa, kelaparan sudah terjadi di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Setali Tiga Uang dengan Korea Utara, Negara Ini Juga Harus Pasrah Harga Kebutuhan Pokoknya Meroket Tak Masuk Akal, Beli 1 Kg Tomat Saja Harus Pakai Uang Bergepok-gepok

Ada kelaparan Uni Soviet, dengan jutaan kematian di Ukraina, Kaukasus Utara, dan tempat lainnya, mengutip The National Interest.

Kejadian itu terjadi berpuluh-puluh tahun sebelum media luar negeri membantu menyembunyikan karya pembunuhan Joseph Stalin.

Republik Rakyat China menderita melalui Lompatan Besar ke Depan, yang mana 10 juta warga mati kelaparan.

Ratusan ribu warga di Kamboja, yang dulu masih bernama Kampuchea, mati kelaparan setelah kemenangan Khmer Merah.

Baca Juga: Kontras dengan Negaranya yang Terkenal dengan Kemiskinan dan Kelaparan, Kim Jong-un Ternyata Punya Berbagai Menu Favorit yang Super Mahal