Find Us On Social Media :

Disebut-sebut Bertanggung Jawab Atas Peristiwa G30S/PKI, DN Aidit Merasa Hanyalah ‘Anak Bawang’, Inilah Dedengkot PKI yang Pernah Bertemu dengan Stalin di Moskow

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 29 September 2021 | 09:20 WIB

DN Aidit

Intisari-Online.com – Mengenang peristiwa G30S/PKI yang terjadi 56 tahun yang lalu, maka tak lepas pula dari tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya.

Salah satu yang pantas disebut namanya adalah Dipa Nusantara Aidit yang biasa dikenal dengan sebutan DN Aidit.

Mendengar namanya, tak salah kalau pikiran kita langsung tertuju pada pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Meski hingga sekarang tak ada yang tahu bagaimana kematian menyambut Aidit, bahkan di mana jenazahnya pun tidak diketahui.

Baca Juga: Jadi Tameng Ayahnya Saat Peristiwa G30S/PKI, Kalimat Memilukan Ini Meluncur dari Mulut Pahlawan Kecil Ade Irma Suryani, Tepat Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir

Awal tumbuhnya organisasi PKI di tanah air berasal dari seorang sosialis asal Belanda, Henk Sneevliet.

Di Indonesia dia mendirikan sebuah partai bernama Indische Sociaal Democratische Vereenging (ISDV) yang merupakan cikal-bakal PKI.

ISDV kemudian berganti nama menjadi PKI setelah Indonesia merdeka.

Organisasi ini lambat laun semakin membesar dengan ratusan ribu pendukung hingga dinobatkan sebagai partai komunis non-penguasa terbesar di dunia setelah Rusia dan China, tentunya.

Baca Juga: Disebut Sebagai Dalang Peristiwa G30S/PKI, Siapakah Sosok Letkol Untung Sebenarnya, yang Pernah Terima Bintang Jasa dan Karier Militernya Melesat Baik Ini?