Find Us On Social Media :

Bak Sedang Ketiban Rezeki Nomplok, Timor Leste Bersiap 'Rampas' Pendapatan yang Puluhan Tahun Dikuasai Negara yang Jadikan Mereka Sapi Perah, Tepat saat Bantuan Internasional Sedang Bejibun

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 20 September 2021 | 12:39 WIB

Minyak Timor Leste

Intisari-Online.com - Timor Leste tidak sendirian menghadapi pandemi Covid-19 di negaranya. Negara kecil ini sangat terbuka terhadap berbagai bantuan internasional.

Alhasil, kini negara bekas provinsi ke-27 Indonesia itu kebanjiran bantuan agar laju penularan Covid-19 di negara tersebut bisa terkendali.

Dilaporkan laman tatoli.com, Kamis 16 September 2021, Badan Kerjasama Internasional Korea (KOICA) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Timor-Leste menawarkan bantuan 500 tempat tidur kepada Kementerian Kesehatan Timor Leste sebagai tanggapan atas pandemi Covid-19.

Dukungan ini diberikan menyusul permintaan dari Covid-19 Management Crisis (CIGC).

Baca Juga: Pemakaman Santa Cruz di Ibu Kota Timor Leste, Salah Satu Landmark Negara Muda Ini, Tempat Terjadi Peristiwa Berdarah di Akhir Pemerintahan Indonesia

Beriringan dengan itu, kini Timor Leste sedang bersiap menerima pendapatan dari sepuluh perusahaan yang aktif di ladang minyak Bayu Undan.

Mereka akan segera membayar pajak langsung kepada Pemerintah Timor Leste untuk pertama kalinya, menurut Presiden Otoritas Perminyakan dan Mineral Nasional (ANPM), Gualdino da Silva.

“Kami tidak lagi akan membagi pajak dengan Australia, tetapi perusahaan dan operator membayar pajak langsung ke Timor Leste untuk dana perminyakan,” katanya sebagaimana dilansir Tribunnews.com.

Baca Juga: Tak ada Jejak-jejak Komunis Terlihat Secuilpun, Benarkah Timor Leste Sebenarnya Menggunakan Ideologi Komunis Sampai Memancing Presiden Soeharto untuk Menginvasinya?