Sampai Dicaci-Maki Perwira Senior, Kini Terungkap Nekatnya AU Indonesia selama Puncak Krisis Timor Leste 1999, Sudah Ambil Posisi 'Dogfight' Melawan Jet Tempur Australia

Muflika Nur Fuaddah

Penulis

Sepasang A-4E Skyhawk TNI AU sedang berpatroli.

Intisari-Online.com - Peristiwa ini terjadi pada 16 September 1999 dan berpotensi terjadi pertempuran udara yang mematikan antara jet tempur F/A-18 Hornet Australia dan pesawat tempur ringan British Aerospace Hawk yang diterbangkan oleh seorang pilot Angkatan Udara Indonesia.

Berdasarkan keterangan pilot Hawk Indonesia, Henri Alfiandi, di situs Mylesat Indonesia, ini terjadi pada puncak krisis Timor Timur 1999.

Tepatnya ketika kekerasan meletus di bagian timur pulau Timor, bekas jajahan Portugis, setelah memilih kemerdekaan dari Indonesia.

Militer Indonesia telah menduduki Timor Timur selama 24 tahun sebelumnya.

Setelah pemungutan suara kemerdekaan pada bulan Agustus 1999, milisi pro-Jakarta, yang didukung oleh pasukan keamanan Indonesia, meningkatkan serangan mereka terhadap warga sipil Timor.

Baca Juga: Sok Suci Pakai Dalih Lingkungan Demi Puaskan Nafsu Mengeruk Bumi Sampai ke Keraknya, Perusahaan Australia Siap Kuras Minyak Timor Leste Hingga Tandas, Aktivis pun Meledeknya

Dengan 2.600 orang tewas dalam periode tiga minggu, dan ribuan lainnya mengungsi, kekhawatiran internasional mulai meningkat.

Angkatan Udara Indonesia seolah-olah ditugaskan untuk menutupi penarikan pasukan Indonesia dari Timor Timur.

Tetapi dengan pengerahan jet tempur ke Timor Barat dan kelompok tugas Angkatan Laut Indonesia yang berpatroli di perairan Timor Timur, Perserikatan Bangsa-Bangsa khawatir Indonesia akan balas dendam dengan melakukan intervensi militer.

Henri mengenang saat-saat dia menerbangkan A-4 Skyhawk, dalam operasi anti-gerilya di Timor Timur.

“Itu adalah hari-hari Top Gun dan saya terbang dengan A-4, tidak mau kalah dengan F-16,” renung Henri.

Baca Juga: Presiden Timor Leste Saat Ini, Sepak Terjangnya Hadapi Pasukan Indonesia hingga Duduk di Kursi Nomor Satu

Pada saat ini, jet F-16 adalah pesawat tempur udara-ke-udara yang paling mampu di Angkatan Udara Indonesia, tetapi pada tahun 1999, Henri telah ditempatkan di unit yang menerbangkan British Aerospace Hawk.

Dengan meningkatnya kesiapan Angkatan Udara Indonesia untuk menanggapi situasi tegang di Timor Timur sejak September 1999, Kapten Henri dikerahkan ke Pangkalan Udara Kupang, di Timor Barat.

Pada saat itu, pangkalan menjadi tuan rumah rotasi dua minggu dari tiga jet Hawk dan pilot mendapat perintah untuk menembak jatuh setiap pesawat tidak sah yang memasuki wilayah udara Indonesia.

Empat hari setelah tiba di Kupang, pada 16 September, Henri mengatakan dia ditugaskan dengan misi patroli udara tempur (CAP) rutin.

Pemimpin penerbangan untuk serangan mendadak itu adalah Kapten Azhar “Gundala” Aditama dengan nomor seri Hawk Mk 209 single-seat TT-1207.

Baca Juga: Pucuk Dicinta Ulam Tiba, Dulu Sempat Dirumorkan Terancam Bangkrut, Timor Leste Ketiban Rezeki Nomplok, Ladang Minyak Terancam Kering Ini Malah Datangkan Uang Triliun Gara-gara Hal Ini

Henri “Tucano,” berada di dua kursi Hawk Mk 109 TL-0501 bersama dengan Anton “Tomcat” Mengko.

Kedua jet itu lepas landas sekitar pukul 09:00 untuk menerbangkan CAP di tenggara Flight Information Region (FIR), yang berbatasan dengan wilayah udara Australia di Darwin, di Northern Territory negara itu.

Misi Hawk dikoordinasikan menggunakan Ground Control Interception (GCI), melalui unit radar di Kupang yang dikomandoi oleh Mayor Lek Haposan.

Haposan-lah yang memberi tahu Azhar bahwa dua pesawat tak dikenal telah melintasi batas FIR Darwin di ketinggian 8.000 kaki dan kecepatan 160 knot.

Operator radar kemudian meminta agar penerbangan Hawk memeriksa apa yang dia duga adalah helikopter, menuju Dili, ibu kota Timor Leste.

Baca Juga: Terlibat Kejahatan, Menlu Australia dan 'Tangan Kanan Soeharto' Pernah Bersulang Sampanye Merayakan Eskploitasi ke Tambang Minyak Timor Leste

Henri meminta Azhar, pemimpin penerbangan, untuk menggunakan radarnya — Hawk Mk 209 satu kursi memiliki set pulse-Doppler AN/APG-66H , mirip dengan radar yang ditemukan di F-16A/B, sedangkan dua kursi tidak memiliki radar.

Pemimpin penerbangan melaporkan kontak bergerak dengan kecepatan 150 knot dan semakin cepat hingga 200 knot.

Pesawat tak dikenal itu kemudian berada pada jarak sekitar 80 mil dari Hawks.

Pada titik ini di akun, tidak jelas apakah GCI masih memberikan informasi tentang kontak, atau jika mereka dilacak menggunakan radar Azhar, yang akan berada di batas jangkauannya.

“Mengetahui itu, saya langsung naik dan mengambil posisi dogfight untuk melindungi Azhar karena saya tidak memiliki radar,” kenang Henri.

"Aku ada di belakangnya."

Baca Juga: Fakta Bendera Timor Leste, Desain Bendera yang saat Ini Digunakan Ternyata Bukan yang Pertama

Kedua Hawks kemudian naik ke ketinggian 28.000 kaki, dan sekarang sudah jelas bahwa kontaknya bukan helikopter, tetapi jet tempur.

Pemimpin penerbangan memilih mode tempur untuk radarnya dan kemudian para pejuang tak dikenal itu berbalik langsung ke arah Hawks Indonesia.

Ketika kontak datang ke arah mereka, Henri menjelaskan bahwa Azhar mengidentifikasi mereka, meneriakkan “Hornet” melalui radio.

Sepasang RAAF F/A-18A/B Hornet diduga terbang dari RAAF Tindal, sebuah pangkalan di Northern Territory.

Kehadiran RAAF yang diperkuat dimaksudkan untuk mencegah Jakarta memulai eskalasi militer di Timor Timur.

Menurut Henri, Azhar mengunci setidaknya satu dari F/A-18 sebelum Henri memperingatkannya, “Kami belum menyatakan perang!”

Tampaknya Hornet tidak memasuki wilayah udara Indonesia pada titik mana pun.

Hornet kemudian berbelok ke selatan menuju Darwin FIR sementara pasangan Hawk kembali ke Kupang.

Henri kemudian menjelaskan bahwa lebih banyak pesawat mulai menuju ke Darwin FIR, dengan dua kelompok lain yang masing-masing terdiri dari empat pesawat tempur, ditambah pesawat yang lebih besar.

Baca Juga: Amerika Sampai Ancam Hentikan Sokongan Dana Ke Timor Leste, Rupanya Sejak Merdeka Nagar Itu Malah Jadi Surganya Perdagangan Manusia Gara-Gara Hal Ini

Segera setelah dia mendarat, Henri mengatakan dia memerintahkan kru darat di Kupang untuk mempersiapkan Hawk Mk 209 yang dilengkapi radar untuk penerbangan lain, meminta pengisian bahan bakar "panas," di mana bahan bakar dipompa ke dalam tangki saat mesin masih menyala.

Itu tidak mungkin, tetapi, setelah menghabiskan secangkir teh dengan cepat, Henri bisa mengudara di Mk 209, yang masih dipersenjatai dengan sepasang rudal udara-ke-udara pencari panas AIM-9 Sidewinder.

Tidak jelas apakah dia ditemani oleh Hawk lain kali ini.

Kembali mengudara, Henri mengklaim dia segera memilih radar, tetapi ternyata tidak berfungsi.

Dia menghubungkan ini dengan penanggulangan elektronik yang jauh lebih canggih di Australian Hornets.

Para pejuang Australia kemudian dikatakan telah mendekat dalam jarak 20 mil dari Henri.

Pada titik ini, Henri menyadari bahwa tangki drop Hawk-nya tidak mengisi bahan bakar dengan benar, mengganggu pusat gravitasi jet dan memengaruhi penanganannya.

Sekali lagi, pertemuan antara Hawk dan Hornet terputus, kali ini sebelum Henri melakukan kontak visual dengan jet Australia.

Baca Juga: Makanan Khas Timor Leste yang Dipengaruhi Portugis dan Asia Tenggara Mampu Menggoyang Lidah

Henri kembali lagi ke Kupang, di mana para perwira senior tampaknya mencaci-maki dia karena terlalu bersemangat untuk menghadapi Hornet.

Selama tiga hari berikutnya, pilot Hawk Indonesia tetap waspada, tetapi tidak ada lagi laporan tentang serangan udara, kata Henri.

Pilot-pilot siaga untuk berebut dari pukul 06:00 hingga 21:00, tetapi pada periode ini aktivitasnya sering kali terbatas pada menonton pesawat angkut yang datang untuk membawa bantuan ke Dili.

Sementara itu, Pasukan Internasional Timor Timur (INTERFET) multinasional, yang diorganisir dan dipimpin oleh Australia, telah dikerahkan ke Timor Timur untuk membangun dan memelihara perdamaian.

Pasukan INTERFET pertama tiba di Dili pada 20 September dan, pada akhir bulan, lebih dari 4.000 tentara dikerahkan.

(*)

Artikel Terkait