Find Us On Social Media :

Meski Sudah Merdeka dari Indonesia, Xanana Gusmao Masih Temui Indonesia untuk Membicarakan Hal Ini, Rupanya Tahun 2020 Ada urusan Indonesia-Timor Leste yang Belum Selesai

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 25 Agustus 2021 | 18:44 WIB

Xanana Gusmao, tokoh politik penting Timor Leste yang justru buat persaingan politik Bumi Lorosae panas

Intisari-Online.com - Timor leste merdeka dimulai tahun 1999 saat dilakukan Referendum pemisahan diri Timor Timur diizinkan Presiden BJ Habibie pada Agustus 1999.

Baru pada 20 Mei 2002 terbentuklah negara Timor Leste sebagai negara dengan kedaulatan penuh, lepas dari Republik Indonesia.

Meski begitu melansir Tribunnews.com, sebelum meninggalkan jabatannya sebagai pejabat penting di Timor Leste, Xanana Gusmao ternyata telah menemui para pejabat di Indonesia.

Salah satu menteri yang ditemui Xanana Gusmao sebelum akhirnya ia memilih lengser ke prabon, adalah Menko Polhukam, Mahfud MD.

Baca Juga: Timor Leste Masih Gagal, Inilah Negara Terakhir yang Bergabung dengan ASEAN

Pertemuan dengan Menko Polhukam itu ketika Xanana Gusmao mengemban tugas sebagai Menteri Perencana dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste.

Pertemuan penting tersebut membahas masalah perbatasan antara Timor Leste dengan Indonesia, yang sering dibicarakan selama ini.

Pembicaraan masalah perbatasan itu merupakan kelanjutan dari pembicaraan sebelumnya yang dilakukan Xanana Gusmao dengan Bu Retno Marsudi dan Wiranto.

Saat itu, Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia dan Wiranto sebagai Menko Polhukam.

Baca Juga: Xanana Gusmao Ungkap Timor Leste Punya Dana Abadi Ratusan Triliun Rupiah, Namun Tetap Tak Menolong Prediksi Timor Leste Bakal Jadi Negara Mati 10 Tahun Lagi