Penulis
Intisari-Online.com – Inilah kisah tawanan perang Inggris mengenang kerja paksa membuat rel kereta api Burma.
Selain film klasik Inggris-Amerika pada tahun 1957, Bridge on the River Kwai, perjuangan para tawanan perang yang dialami di Burma dan pembuatan ‘kereta api maut’ menjadi ‘perang yang terlupakan’.
Film ini pun menghilang dalam kepahlawanan Front Barat dan kebenaran tentang kamar gas mengerikan yang ditemukan di kamp penjara Nazi.
Tapi yang jelas pembuatan Kereta Api Burma adalah salah satu tawanan perang horor yang dibuat, bekerja di sana tidak akan pernah terlupakan.
Tentara Kekaisaran Jepang merancang pembangunan jalur tersebut untuk memudahkan pengangkutan pasokan dari Burma ke Bangkok pada puncak Perang Dunia 2.
Sekitar 180.000 pekerja Asia, sebagian besar romusha (buruh paksa pendudukan Jepang di Indonesia) dan 60.000 tawanan perang Sekutu yang ditangkap saat jatuhnya Singapura pada Februari 1942 dibawa ke kerja paksa hanya agar proyek selesai.
Jalur kereta api itu selesai dalam waktu satu tahun tetapi dengan mengorbankan nyawa sekitar 100.000 buruh dan 13.000 tawanan perang.
Disebutkan bahwa biaya hidup satu orang untuk setiap orang yang tidur.
Di kota Thanbyuzayat di Burma, titik akhir rel kereta api Burma, "Kereta Api Kematian", 3, 149 batu nisan tentara Persemakmuran dapat dilihat hingga hari ini.
Di titik lain, di Kanchanaburi, Thailand, terletak sisa-sisa 4.946 orang.
Namun, semuanya meninggal karena kondisi kerja yang mengerikan yang harus mereka lalui agar lintasan bisa selesai.
Tetapi kemudian, perjalanan pulang oleh tawanan perang dari Burma dibungkam oleh berita yang lebih besar dari Barat.
Masing-masing para pekerja itu hanya diberi £76 sebagai kompensasi atas penderitaan mereka sampai Pemerintah merancang skema kompensasi yang lebih manusiawi pada tahun 2000.
Tujuh dekade setelah selesainya Kereta Api Burma dan segelintir tawanan perang Inggris yang hidup dari cobaan yang mereka alami di sana, mulai menceritakan kisah mereka.
Banyak dari mereka yang dengan sukarela membagikan kisah mereka di tangan penculik Jepang dalam sebuah wawancara untuk film dokumenter, Moving Half the Mountain.
Seorang tawanan perang, mendiang Eric Lomax, kisahnya dijadikan sebuah film, The Railway Man, dengan Colin Firth dan Nicole Kidman sebagai pemeran utamanya.
Di antara orang-orang terakhir yang selamat dari Kereta Api Burma adalah Sir Harold Atcherley yang berusia 95 tahun.
Akhirnya, setelah tujuh dekade, dia menerbitkan buku hariannya sendiri, yang disimpannya selama bertahun-tahun dipenjara.
Selama tiga tahun dia bertahan sebagai tawanan perang di Burma, dengan pensil dan secarik kertas, dia menuliskan kehidupan sehari-harinya di kamp yang ditinggalinya.
Selama tujuh puluh tahun, dia tidak pernah berbicara dengan bebas tentang pengalaman perangnya kepada siapa pun selain pada keluarganya sendirin.
Dalam sebuah wawancara dengan The Telegraph, dia mengatakan, “Ada hal-hal tertentu yang saya tahu tidak pernah saya bicarakan dan tidak akan pernah saya bicarakan. Barulah beberapa tahun yang lalu anak saya menyarankan untuk menerbitkan buku harian saya itu.”
Ketika itu dia tidak siap untuk ke Singapura, karena dia merasa seorang perwira intelijen yang tergabung dalam Divisi Infanteri ke-18.
Rencananya dia akan dikirim ke Iran untuk pelatihan perang gurun pada Januari 1942 yang kemudian akan membawanya ke medan perang di Timur Tengah.
Namun, divisinya diminta membantu pertahanan koloni Inggris (Singapura) dari serbuan pasukan Jepang.
Sekutu ketika itu berjumlah lebih dari 85 ribu personil, jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan tentara Jepang yang hanya sekitar 30 ribu, tetapi mereka lebih siap.
Pasukan Sekutu terpaksa menyerah pada pertengahan Desember, membuat Perdana Menteri Inggris saat itu, Winston Churchill ‘cerdas pada bencana terburuk dalam sejarah Inggris.”
Jepang juga terkejut dengan penyerahan Sekutu dan tidak siap, segera mereka kehabisan persediaan untuk tawanan perang yang baru ditangkap.
Sir Harold, bersama dengan divisinya, kemudian dikirim ke kamp pejara di Changi, yang terletak di sebelah timur pulau, dan dipaksa untuk berburu makanan mereka sendiri.
Kondisi mereka semakin memburuk ketika dibawa ke Thailand pada bulan Maret 1943 untuk mulai bekerja di Kereta Api Burma.
Awalnya, mereka diberitahu oleh penahannya untuk berkemas saat akan pergi ke ‘kamp istirahat’.
Mereka kemudian berjalan kaki 200 mil dari Ban Pong melewati hutan ke Tiga Pagoda Pass, tempat mereka memulai pekerjaan kereta api mereka.
Hujan muson mulai deras dalam 24 jam sehari. Tidak ada atap di gubuk tempat tinggal mereka di tengah hujan lebat yang terus-menerus.
Mereka dipaksa bekerja hingga 18 jam dalam sehari.
Mereka meretas jalan melalui hutan kemudian menggunakan kayu yang diretas untuk membangun jembatan bertingkat yang memungkinkan mobil lewat di bawah rel kereta api.
Jepang hanya memberi mereka 250 gram beras untuk makan dengan sayuran apa pun yang bisa mereka dapatkan sendiri.
Pekerjaan berat dan sedikit makanan membuat badan mereka lemah, terkena borok tropis, beri-beri, penyakit yang disebabkan kekurangna vitamin B, sehingga mengecil dan mengalami kelumpuhan, juga demam berdarah.
Kolera membuat banyak tawanan yang meninggal 20 orang per harinya.
Selama delapan bulan mereka bekerja di jembatan itu, tetapi dari 1.700 orang yang dikirim, hanya 400 yang masih hidup di bulan Oktober.
400 tawanan perang yang masih hidup itu kemudian dikirim kembali ke Changi, namun setengahnya kemudina meninggal karena penyakit saat mereka bertahan satu tahun untuk membangun lapangan terbang di kamp.
Sir Harold tidak tahu apa yang akan terjadi pada 5 Agustus 1945, sehari sebelum Amerika menjatuhkan bom atom pertama di Jepang, yang memaksa negara itu menyerah.
Namun, sepuluh hari kemudian setelah dijatuhkannya bom atom kedua, Sir Harold, ebrsama dengan tawanan perang lainnya yang masih hidup di divisnya, berlayar kembali ke Inggris dan diterima oleh Walikota Bootle.
Dia mendapatkan pekerjaan di Shell, yang mengharuskannya melakukan perjalanan keliling dunia dan sejak saat itu ia menghindari pembicaraan tentang perang.
“Saya tidak suka melihat ke belakang,” katanya.
Namun, setelah tujuh dekade berlalu, emosinya meluap ketika mengingat waktu yang dihabiskanny amenjadi salah satu pekerja Kereta Api Burma.
“Di benak saya, saya memiliki perasaan bersalah: saya selamat, tetapi yang lain tidak,” katanya.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari